Agenda Umat, Nasional, NEWS — June 23, 2019 at 13:40

Kecelakaan Parah, Yatim Santri Tahfizh Qur’an ini Patah Kaki. Ayo Bantu..!!

by
Kecelakaan Parah, Yatim Santri Tahfizh Qur’an ini Patah Kaki. Ayo Bantu..!!

 

Sudah sepuluh hari Maymunah terbaring menahan perihnya luka dan patah tulang paha kanannya. Santri yatim di Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Garut ini mengalami kecelakaan di pertigaan Kroya-Indramayu. Mobil yang ditumpanginya ringsek tak berbentuk, sementara Maymunah mengalami luka dan patah tulang yang parah. Ia harus menjalani pengobatan dan pencangkokan tulang dengan biaya pengobatan sekira 9,6 juta. Ayo bantu.!!

 

MAJALENGKA, Infaq Dakwah Center (IDC) – Musibah dialami Maymunah (10) itu terjadi pada senin (10/6/2019), saat perjalanan pulang dari silaturahmi lebaran keluarga ke rumah nenek di Indramayu Jawa Barat. Saat melintasi pertigaan Kroya Indramayu, tiba-tiba muncul sebuah mobil yang melaju kencang dari arah yang berlawanan. Sang sopir pun kaget dan refleks membanting setir ke kiri untuk menghindari tabrakan dengan mobil yang ugal-ugalan itu. Rombongan pun selamat dari tabrakan, tapi bagian depan mobil hancur ringsek tak berbentuk karena menabrak portal di sisi jalan.

Seluruh penumpang mengalami luka-luka sobek dan lebam, tapi Maymunah menjadi korban yang paling parah karena saat insiden ia sedang tertidur pulas. Kakinya yang mengalami patah tulang kaki karena terjepit besi kursi mobil, menjadi semakin parah karena tubuhnya tertimpa para penumpang lainnya.

“Saat pulang silaturahmi mobil yang ditumpangi menabrak portal karena menghindari mobil lain yang sangat kencang. Maymunah patah tulang bagian paha di kaki kanan. Dia paling parah karena waktu itu posisinya lagi tidur. Terus yang bikin kakinya parah karena kepentok terus ketiban orang di sekelilingnya,” ujar Rofi’ah (37), ibunda Maymunah kepada Relawan IDC, Rabu (19/6/2019).

Maymunah pun dilarikan ke klinik spesialis patah tulang di Indramayu untuk mendapat pengobatan yang bagus. Karena patah tulangnya sangat parah, dokter spesialis tulang melakukan pengobatan dan pencangkokan pada kaki kanannya, dan memerlukan waktu dua bulan lebih hingga sembuh. Paska pengobatan pertama, Maymunah wajib melakukan kontrol ke klinik lima hari sekali.

BOCAH YATIM YANG BERPRESTASI DAN RAJIN IBADAH

Di pesantren, Maymunah dikenal sebagai anak periang yang suka membantu dan menolong teman-temannya. Santri yang sudah memiliki hafalan Al-Qur’an 4 juz ini selalu berprestasi dengan nilai yang sangat bagus (mumtaz) baik ujian tahfizh, Bahasa Arab, Aqidah, dan sebagainya.

Terobsesi dengan cita-cita menjadi hafizhah (penghafal Al-Qur’an) dan mujahidah dakwah, ia juga rutin mengerjakan berbagai shaum dan shalat sunnah, terutama shaum Senin-Kamis, shalat dhuha dan tahajud.

Maymunah adalah anak kedua dari empat bersaudara. Sudah tiga tahun ia menjadi yatim sejak sang ayah meninggal pada tahun 2017 karena menderita sakit.

Ditinggal wafat sang suami, Rofi’ah pun menjadi tulang punggung keluarga dan bekerja sekuat tenaga untuk menafkahi keempat anak yatimnya. Berbagai profesi dijalaninya untuk mengais rezeki, dari penjual es susu hingga mengajar di pondok dengan gaji yang minim.

“Saya pernah mengajar di pondok Bogor selama satu tahun, terus pindah ke Bandung mengajar di Rumah Qur’an,” tutur Rofi’ah.

Dengan penghasilan yang pas-pasan, Rofi’ah tak mampu membiayai pengobatan patah tulang Maymunah. Untuk sekali pengobatan ke klinik patah tulang saja butuh biaya transportasi sebesar 800 ribu rupiah untuk menyewa mobil dari Majalengka ke Indramayu. Belum biaya klinik, obat-obatan dan sebagainya.

Dengan pengobatan rutin setiap lima hari sekali selama dua bulan hingga sembuh. Diperkirakan, Maymunah butuh biaya sebesar 9.600.000 (sembilan juta enam ratus ribu rupiah).

INFAQ DARURAT PEDULI KASIH SESAMA MUSLIM

Ujian berat yang menimpa ananda Maymunah adalah beban kita juga, karena persaudaraan setiap Muslim ibarat satu tubuh. Jika satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh lainnya otomatis terganggu karena merasakan kesakitan juga.

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ، مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى.

“Perumpamaan kaum mukminin dalam cinta-mencintai, sayang-menyayangi dan bahu-membahu, seperti satu tubuh. Jika salah satu anggota tubuhnya sakit, maka seluruh anggota tubuhnya yang lain ikut merasakan sakit juga, dengan tidak bisa tidur dan demam” (Muttafaq ‘Alaih).

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُنْيَا نَفَّسَ الله عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَومَ القِيَامَةِ و مَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ الله عَلَيهِ في الدُنيَا و الأَخِرَةٍ و مَن سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ الله في الدُنيَا و الأَخِرَةٍ و الله في عَونِ العَبْدِ ما كان العَبْدُ في عَونِ أَخِيهِ

“Barangsiapa menghilangkan kesulitan seorang mukmin di dunia, maka Allah akan melepaskan kesulitannya pada hari kiamat. Barangsiapa memudahkan orang yang tengah dilanda kesulitan, maka Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Dan Allah senantiasa membantu seorang hamba selama hamba tersebut senantiasa membantu saudaranya…” (HR Muslim).

Donasi untuk membantu pengobatan ananda Maymunah, santriwati yatim penghafal Quran bisa disalurkan melalui program INFAQ DARURAT ke Rekening IDC:

  1. Bank BNI Syariah No.Rek: 293.985.605 a.n: Infaq Dakwah Center.
  2. Bank Muamalat No.Rek: 34.7000.3005 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  3. Bank Mandiri Syar’iah (BSM) No.Rek: 7050.888.422 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  4. Bank Bukopin Syariah No.Rek: 880.218.4108 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  5. Bank BTN Syariah No.Rek: 712.307.1539 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  6. Bank Mega Syariah No.Rek: 1000.154.176 a.n: Yayasan Infak Dakwah Center.
  7. Bank Mandiri No.Rek: 156.000.728.7289 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  8. Bank BRI No.Rek: 0139.0100.1736.302 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  9. Bank CIMB Niaga No.Rek: 80011.6699.300 a.n: Yayasan Infak Dakwah Center.
  10. Bank BCA No.Rek: 631.0230.497 a.n: Budi Haryanto (Bendahara IDC)

CATATAN:

  • Demi kedisiplinan amanah dan untuk memudahkan penyaluran agar tidak bercampur dengan program lainnya, tambahkan nominal Rp 3.000 (tiga ribu rupiah). Misalnya: Rp 1.003.000,- Rp 503.000,- Rp 203.000,- Rp 103.000,- 53.000,- dan seterusnya.
  • Laporan penyaluran dana akan disampaikan secara online di: www.infaqdakwahcenter.com.
  • Bila biaya pengobatan sudah tercukupi/selesai, maka donasi dialihkan untuk program IDC lainnya.
  • Info: 08122700020 – 087720700020

%d bloggers like this: