AQIDAH-AKHLAQ, Kuliah Aqidah, Kuliah Akhlaq — August 18, 2018 at 10:22

Keadaan Umat Islam di Dunia Darurat Ukhuwah

by
Keadaan Umat Islam di Dunia Darurat Ukhuwah

Ukhuwah islamiyah merupakan suatu pemersatu yang tidak mengenal suku, bangsa, bahasa dan ras seseorang, Selama kita memiliki iman yang sama maka kita adalah saudara…

Islamkafah.com Allah berfirman tentang sebuah perintah yang sekarang ini sudah jarang kita temui yaitu tentang perintah untuk bersatu padu dalam dienul Islam,

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا ۚ وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا وَكُنْتُمْ عَلَىٰ شَفَا حُفْرَةٍ مِنَ النَّارِ فَأَنْقَذَكُمْ مِنْهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.(Ali Imran : 103)

Ukhuwah islamiyah merupakan nikmat Allah yang luar biasa karena sebelumnya hati manusia saling bermusuhan lalu muncullah islam membawa persaudaraan dan perdamaian bagi pemeluknya, dulu kaum jahiliyah gemar berperang antar suku dan kabilah saling bermusuhan hanya kerena urusan perdagangan, ayat diatas turun berkaitan dengan dua suku besar yanga ada di Madinah yaitu Khajraj dan Aus, kedua suku ini dulunya bermusuhan setalah islam datang kemudian tidak ada lagi permusuhan dan tidak ada lagi saling membanggakan antar suku karena semua sama di mata Allah yang terbaik ialah yang paling bertakqwa.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.(Al Hujurat : 13)

Jika terjadi perselisihan antara orang beriman hendaklah di damaikan jangan dibiarkan karena itu merupakan perintah Allah yang tertuang dalam surat Al Hujurat ayat 10 :

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.

Dan termasuk ciri dari orang yang musyrik yaitu memecah belah agama dan berbangga dengan kelompoknya masing-masing, Allah berfirman dalam surat Ar Ruum ayat 31-32:

مُنِيبِينَ إِلَيْهِ وَاتَّقُوهُ وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَلَا تَكُونُوا مِنَ الْمُشْرِكِينَ

مِنَ الَّذِينَ فَرَّقُوا دِينَهُمْ وَكَانُوا شِيَعًا ۖ كُلُّ حِزْبٍ بِمَا لَدَيْهِمْ فَرِحُونَ

dengan kembali bertaubat kepada-Nya dan bertakwalah kepada-Nya serta dirikanlah shalat dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah,yaitu orang-orang yang memecah-belah agama mereka dan mereka menjadi beberapa golongan. Tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada golongan mereka.

Umat islam terkotak-kotak semenjak runtuhnya khilafah dan setiap negara yang berpenduduk muslim sibuk dengan urusan negaranya masing-masing dan tidak menghiraukan kesusahan yang terjadi terhadap saudara sesama muslim yang berada di luar negaranya, masalah Palestina hingga hari ini masih terus bergejolak tenjajah oeh Israel jika kita bersatu Israel akan mampu dikalahkan dengan mudah setiap negara mayoritas muslim hanya perlu mengirimkan Pasukan perangnya maka Israel akan kalah.

Nasionalisme telah mengotak-ngotak umat islam yang ada di dunia ini, semua negara lebih memilih kebangsaan daripada agamanya padahal agamalah yang akan membawa kita pada keselamatan akhirat dan menyelamatkan kita dari api neraka bukan kebangsaan atau suku atau negara kita melankan agama kita yaitu islam.

Dimana saja umat islam berada mereka adalah saudara kita, wajib kita menolong mereka karena umat islam bagaikan satu tubuh jika yang satu sakit maka yang lain akan ikut merasakan sakit, ukhuwah islamiyah tidak mengenal negara, organisasi, bahasa, bangsa, atau bahkan mazhab sekalipun, selama identitasnya muslim itulah saudara kita seagama.

Kita lihat di Negara kita umat islam terkotak-kotak oleh oragnisasi keagamaan, perbedaan pemahaman fiqih, perbedaan guru ngaji, dan lain sebagainya, yang ada adalah ukhuwah organisasi dan ukhuwah sepemahaman bukanukhuwah islamiyah, kalau tidak seorganisasi atau sepemahaman tidaka akan pernah dianggap saudara padahal sama-sama muslim rukun imannya sama rukun islamnya sama.

Perintah Allah dalam surat Ali Imran ayat 103 sudah jarang kita lihat walaupun masih ada yang melakukannya tetapi hanya segelintir saja, mudah-mudahan kita bisa melaksanakan perintah Allah ini sehingga umat islam di seluruh dunia bersatu dan mampu mengembalikan Izzah atau kemuliaan islam. (Abd.N)

%d bloggers like this: