Ibadah, FIQIH — March 21, 2018 at 11:17

Jika Tidak Mampu Sediakan Dua Kambing untuk Aqiqah Anak Laki-laki, Maka Boleh Satu Saja

by
Jika Tidak Mampu Sediakan Dua Kambing untuk Aqiqah Anak Laki-laki, Maka Boleh Satu Saja

…Inilah dalil yang membolehkan adanya hal ini…

 

Islamkafah.com ­- Aqiqah adalah sebuah amalan sunnah yang disyariatkan bagi mereka yang baru saja dikarunia seorang putra atau putri yang baru lahir. Dalam hal ini, salah satu cara untuk mensyukuri hal ini adalah dengan mengadakan Aqiqah untuk anak yang baru lahir tersebut bagi yang memang Allah berikan kelapangan dalam mengadakannya.

Dalam Aqiqah adalah ketentuan yag harus dipahami. Yakni, apabila jabang bayinya adalah wanita maka sebaiknya di Aqiqahi dengan seekor kambing. Namun, apabila laki-laki maka jumlah kambingnya adalah dua ekor.

Namun, telah kami temukan dalil yang shahih terkait masalah Aqiqah ini. Yakni, apabila memang seseorang tidak mampu boleh saja ia meng-Aqiqahi anak laki-lakinya dengan seekor kambing saja. Hal ini berdasarkan hadits berikut ini:

   َعَنِ اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا; ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم عَقَّ عَنْ اَلْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ كَبْشًا كَبْشًا )  رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ, وَصَحَّحَهُ اِبْنُ خُزَيْمَةَ, وَابْنُ اَلْجَارُودِ, وَعَبْدُ اَلْحَقّ ِ لَكِنْ رَجَّحَ أَبُو حَاتِمٍ إِرْسَالَه ُ

 Dari Ibnu Abbas Radliyallaahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam beraqiqah untuk Hasan dan Husein masing-masing seekor kambing kibas. Riwayat Abu Dawud. Hadits shahih menurut Ibnu Khuzaimah, Ibnu al-Jarud, dan Abdul Haq, namun Abu Hatim lebih menilainya hadits mursal.

Dengan adanya dalil ini, maka kami simpulkan boleh saja mengAqiqahi seorang anak lelaki dengan seekor kambing.

Wallahu ‘Alam. (raf) []