Ibadah, FIQIH — February 17, 2018 at 23:36

Jangan Terburu-buru Menyimpulkan Kentut dalam Ibadah Shalat

by
Jangan Terburu-buru Menyimpulkan Kentut dalam Ibadah Shalat

Seorang muslim hendaknya berhati-hati ketika shalat, jangan mudah membatakan shalat karena ketidakpastian…..

 

Islamkafah.comBanyak diantara manusia ketika sedang shalat, ia membatalkan shalatnya karena ia merasa akan kentut, padahal saat itu ia tidak sedang kentut. Maka, membatalkan shalat dalam hal ini adalah kurang tepat.

Dalam dalil yang ada seorang muslim boleh membatalkan shalat adalah ketika ia memang benar-benar kentut dan yakin, serta dibuktikan dengan suara atau baunya. Hal ini sebagaimana dalil dibawah ini:

   عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( إِذَا وَجَدَ أَحَدُكُمْ فِي بَطْنِهِ شَيْئًا فَأَشْكَلَ عَلَيْهِ: أَخَرَجَ مِنْهُ شَيْءٌ أَمْ لَا؟ فَلَا يَخْرُجَنَّ مِنْ اَلْمَسْجِدِ حَتَّى يَسْمَعَ صَوْتًا أَوْ يَجِدَ رِيحًا )  أَخْرَجَهُ مُسْلِم

Abu Hurairah Radliyallaahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Apabila seseorang di antara kamu merasakan sesuatu dalam perutnya kemudian dia ragu-ragu apakah dia mengeluarkan sesuatu (kentut) atau tidak maka janganlah sekali-kali ia keluar dari masjid kecuali ia mendengar suara atau mencium baunya” (Dikeluarkan oleh Muslim.)

Semoga sedikit tulisan kami ini dapat bermanfaat untuk seluruh kaum muslimin.

Barakallahu fiikum. (Asdn) []

%d bloggers like this: