Sedekah Ajib, KAJIAN, Hikmah — Sat 18 Apr 2020AD at 19:14

Jangan Takut Miskin karena Bersedekah

by
Jangan Takut Miskin karena Bersedekah

 

Secara logika manusia sedekah itu mengeluarkan harta yang dimiliki jadi artinya harta kita berkurang, namun kita sebagai orang beriman yakin dan percaya bahwa harta yang kita sedekahkan akan dilipatgandakan menjadi 700 kali lipat

Allah Subhahu wa Ta’ala berfirman:

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَا لَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَا بِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَا للّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَآءُ  ۗ وَا للّٰهُ وَا سِعٌ عَلِيْمٌ

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 261)

Dari Abu Hurairah dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ وَمَا زَادَ اللَّهُ عَبْدًا بِعَفْوٍ إِلَّا عِزًّا وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلَّهِ إِلَّا رَفَعَهُ اللَّهُ

“Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya.” (HR. Muslim no. 2588)

Apalagi jika sedekah itu termasuk sedekah jariyah yang mana pahalanya akan terus mengalir sampai kita meninggal dunia, Nabi bersabda:

“Jika mati anak Adam maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, anak shalih yang mendoakan orang tuanya” (Muslim)

Maka dari itu janganlah ragu untuk bersedekah karena sedekah tidak akan membuat kita menjadi miskin, justru akan dilipatgandakan pahalanya serta harta yang kita miliki

Allah Subhahu wa Ta’ala berfirman:

وَاِ ذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَاَ زِيْدَنَّـكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَا بِيْ لَشَدِيْدٌ

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS. Ibrahim 14: Ayat 7)

Jadi sedekah juga sebagai salah satu cara Allah menambahkan harta yang kita miliki agar kita semakin giat dalam bersedekah membantu orang lain serta agama Islam ini.

Selain itu sedekah dapat menolak bala atau bencana bagi orang yang rajin melakukannya

“Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah. Obatilah penyakitmu dengan sedekah. Sedekah itu sesuatu yang ajaib. Sedekah menolak 70 macam bala dan bencana, dan yang paling ringan adalah penyakit kusta dan sopak (vitiligo).” (HR. Baihaqi & Thabrani).

%d bloggers like this: