Ibadah, Muamalah, Tafsir Hadits — May 4, 2020 at 16:16

Jangan Biarkan Tetangga kita dalam Kesulitan

by
Jangan Biarkan Tetangga kita dalam Kesulitan

 

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam :

لَيْسَ الْـمُؤْمِنُ الَّذيْ يَشْبَعُ وَجَارُهُ جَائِعٌ إلَى جَنْبِهِ

“Bukan mukmin, orang yang kenyang perutnya sedang tetangga sebelahnya kelaparan” (HR. Al Baihaqi dalam Sunan Al Kubra 18108, dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah 149)

Beliau juga bersabda:

إِذَا طَبَخْتَ مَرَقًا فَأَكْثِرْ مَاءَهُ ، ثُمَّ انْظُرْ أَهْلَ بَيْتٍ مِنْ جِيْرَانِكَ فَأَصِبْهُمْ مِنْهَا بِمَعْرُوْفٍ

“Jika engkau memasak sayur, perbanyaklah kuahnya. Lalu lihatlah keluarga tetanggamu, berikanlah sebagiannya kepada mereka dengan cara yang baik” (HR. Muslim 4766)

Maa syaa Allah….
Sungguh luar biasa agama Islam ini bahkan tetangga kita harus kita perhatikan, dan menjadi sebuah ciri keimanan kepada Allah dan Rasul-Nya prihal membantu tetangga.

Maka dari itu marilah kita senantiasa perhatikan tetangga kita jangan sampai iman kita rusak dan kita mendapatkan adzab dari Allah azza wa jalla karena tidak mau memperhatikan nasib tetangga kita.

Siapa tahu masih ada tetangga kita yang kurang beruntung masalah ekonominya maka wajib kita membantu mereka karena ini merupakan perintah Allah dan Rasul-Nya sebagai bukti keimanan kepada Allah dan Rasul-Nya.