Internasional, NEWS — January 15, 2019 at 11:14

Israel Kepung Kompleks Masjidil Aqsha, Picu Bentrok dengan Warga Palestina

by
Israel Kepung Kompleks Masjidil Aqsha, Picu Bentrok dengan Warga Palestina

Polisi Israel melakukan pengepungan terhadap kompleks Masjidil Aqsha dan picu bentrokan dengan jemaah masjid, 5 orang dithaan oleh Israel…

 

YERUSALEM, PALESTINA (ISLAMKAFAH.COM) – Pasukan keamana Israel mengepung kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur selama beberapa jam. Polisi Israel yang mengenakan kippah (penutup kepala khas Yahudi) memaksa masuk ke dalam masjid Al Aqsha sehingga memicu bentrokan dengan jemaah Muslim Plaestina.

Pengepungan itu terjadi Senin siang (14 -1 – 2019) dan memicu penjaga keamanan menutup kompleks masjid. para polisi Zionis itu sudah menarik diri dari kompleks Masjid Al-Aqsa. akibat dari bentrokan tesebut membuat lima warga Palestina termasuk tiga penjaga masjid ditahan ketika mereka meninggalkan area tersebut. Para polisi menangkapi para jamaah termasuk penjaga situs masjid ketika mereka keluar.

Juru bicara Otoritas Wakaf Keagamaan Yerusalem, Firas al-Dibs, menuturkan bahwa insiden bentrokan terjadi ketika para penjaga asal Palestina menutup masjid setelah seorang polisi Israel mencoba memasuki masjid tersebut tanpa izin.

“Para penjaga meminta polisi untuk melepas kippah sebelum memasuki masjid, tetapi dia menolak dan berusaha untuk memaksa masuk ke tempat itu, mendorong para penjaga untuk menutupnya,” kata Dibs, yang diansir sindonews.com

Dibs mengatakan bahwa polisi Israel rutin melakukan pemeriksaan keamanan setiap pagi. Namun, karena petugas itu menolak melepas kippahnya, para penjaga curiga bahwa dia akan melakukan ibadah Yahudi di dalam masjid.

Aturan yang ditetapkan Otoritas Wakaf menyatakan warga non-Muslim diizinkan untuk mengunjungi situs suci Al-Aqsha pada waktu tertentu saja, namun tidak diperbolehkan untuk melakukan ritual ibadah di dalam masjid.

Menurut Dibs, selama bentrok, polisi Israel secara fisik menyerang direktur Masjid Al-Aqsa Sheikh Omar al-Kiswani. Dia telah dipindahkan ke rumah sakit untuk perawatan.

(Abd.N)
%d bloggers like this: