Ibadah, FIQIH — February 15, 2018 at 23:36

Inilah Sebab Mengapa Air yang Suci Mensucikan Berubah Menjadi Air yang Tidak Mensucikan

by
Inilah Sebab Mengapa Air yang Suci Mensucikan Berubah Menjadi Air yang Tidak Mensucikan

Semoga melalui tulisan kami ini, banyak mereka yang semakin memahami permasalahan thaharah khususnya soal asal muasal air mensucikan…..

 

Islamkafah.comKetika kita dapati sebuah air baik dalam jumlah sedikit atau banyak memiliki syarat-syarat air suci dan mensucikan, maka sejatinya kita diperbolehkan untuk menggunakannya sebagai sarana bersuci dalam semua ibadah kita.

Dan, pemahaman yang mengatakan bahwa air yang tidak mencapai jumlah tertentu maka tidak bisa dijadikan untuk bersuci, maka ini merupakan pendapat yang kurang tepat karena bertentangan dengan hadits-hadits yang mutawathir terkait hal ini.

Selain itu, air tidaklah bisa disebut tidak mensucikan kecuali apabila air tersebut telah berubah ketiga dzatnya atau salah satunya. Hal ini sebagaimana dalam hadits-hadits berikut ini:

   وَعَنْ أَبِي أُمَامَةَ الْبَاهِلِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إنَّ الْمَاءَ لَا يُنَجِّسُهُ شَيْءٌ إلَّا مَا غَلَبَ عَلَى رِيحِهِ وَطَعْمِهِ وَلَوْنِهِ  أَخْرَجَهُ ابْنُ مَاجَهْ وَضَعَّفَهُ أَبُو حَاتِمٍ

Dari Abu Umamah al-Bahily Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Sesungguhnya air itu tidak ada sesuatu pun yang dapat menajiskannya kecuali oleh sesuatu yang dapat merubah bau, rasa atau warnanya.” Dikeluarkan oleh Ibnu Majah dan dianggap lemah oleh Ibnu Hatim.

Dan,

   وَلِلْبَيْهَقِيِّ الْمَاءُ طَهُورٌ إلَّا إنْ تَغَيَّرَ رِيحُهُ أَوْ طَعْمُهُ أَوْ لَوْنُهُ بِنَجَاسَةٍ تَحْدُثُ فِيهِ

Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi: “Air itu suci dan mensucikan kecuali jika ia berubah baunya, rasanya atau warnanya dengan suatu najis yang masuk di dalamnya.”

Semoga sedikit penjelasan kami ini dapat memahamkan para pembaca setia islamkafah.com

Amin yaa rabbal ‘alamin – Barakallahu fiikum. (Asdn) []

%d bloggers like this: