Manajemen Qalbu, KAJIAN, Hikmah — February 9, 2018 at 22:32

Inilah Salah Satu Cara Agar Dicintai Allah Dan Dicintai Manusia

by
Inilah Salah Satu Cara Agar Dicintai Allah Dan Dicintai Manusia

Mencintai dan dicintai ternyata sudah menjadi kebutuhan batin manusia sejak dahulu kala, karenanya manusia rela berbuat apa saja kepada siapa yang ia cintai…..

 

Islamkafah.com Sebagai seorang muslim tentunya kita pasti sangat mencintai Rabb kita, yakni Allah azza wa jalla. Sedangkan mencintai Allah tentu tidak bisa hanya dengan klaim belaka, ia harus dibuktikan.

Nah, salah satu bukti dari cinta kepada Allah adalah melakukan segala yang diperintahkan Allah dengan semampu kita, dan pula menjauhi larangan-larangan Allah dengan sekuat tenaga dan semaximal mungkin.

Pun salah satu amalan yang dicintai Allah adalah zuhud.

Apa itu Zuhud? Zuhud adalah kita meletakkan dunia tidak berada dalam hati kita, sehingga kita mudah memberikan atau melepaskan dunia karena meraih ridha Allah azza wa jalla.

Seandainya seseorang diberi karunia Allah berupa kekayaan, sebaiknya ia tidak bermegah-megahan dan hanya sewaarnya saja. Misalnya dari urusan makanan, pakaian, dan tempat tinggal sebaiknya tidak bermewah-mewahan yang berlebihan hingga melalaikan kita dari mengingat Allah.

Selain itu pun, Zuhud juga mudah memberi dan kekayaan sebanyak apapun itu tidak pernah menempel pada hatinya, sehingga ia mudah ikhlas dan mudah ridha untuk berinfaq dan sedekah di jalan Allah azza wa jalla.

Mari kita perhatikan hadits dibawah ini dengan seksama:

   َوَعَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ قَالَ: ( جَاءَ رَجُلٌ إِلَى اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فَقَالَ: يَا رَسُولَ اَللَّهِ! دُلَّنِي عَلَى عَمَلٍ إِذَا عَمِلْتُهُ أَحَبَّنِي اَللَّهُ وَأَحَبَّنِي اَلنَّاسُ. فـقَالَ: اِزْهَدْ فِي اَلدُّنْيَا يُحِبُّكَ اَللَّهُ وَازْهَدْ فِيمَا عِنْدَ اَلنَّاسِ يُحِبُّكَ اَلنَّاسُ )  رَوَاهُ اِبْنُ مَاجَه وَسَنَدُهُ حَسَنٌ

“Sahal Ibnu Sa’ad Radliyallaahu ‘anhu berkata: Ada seseorang menghadap Nabi sa. dan berkata: Tunjukkan kepadaku suatu perbuatan yang bila aku melakukannya aku disukai Allah dan manusia. Beliau bersabda: Zuhudlah dari dunia Allah akan mencintaimu dan Zuhudlah dari apa yang dimiliki orang mereka akan mencintaimu.”(HR. Ibnu Majah, Hasan.)

Semoga sedikit tulisan kami ini dapat bermanfaat, khususnya untuk pembaca setia islamkafah.com yang senantiasa bersabar dalam menunggu update artikel atau berita terbaru dari kami.

Barakallahu fiikum. (aus) []