Muamalah, FIQIH — March 13, 2018 at 21:16

Inilah Hukuman Diyat Bagi Muslimin yang Tidak Sengaja Membunuh Kaum Muslimin Lainnya

by
Inilah Hukuman Diyat Bagi Muslimin yang Tidak Sengaja Membunuh Kaum Muslimin Lainnya

Bisa jadi seorang muslim memang tidak sengaja embunuh saudaranya dengan suatu alasan dan sebab yang tidak diduga-duga dapat menyebabkan kematian…

 

Islamkafah.com – Dalam dienul Islam nyawa kaum muslimin sangatlah berharga, bahkan melebihi bumi dan seisinya. Maka, tidak boleh seorang muslim bermudah-mudahan membunuh saudaraya kecuali dengan alasan dan sebab-sebab yang ditolerir dalam agama Islam.

Misalnya dalam bab zina, boleh merajamnya dengan ketenutan keputusan pengadilan syar’iyyah. Atau membela diri dari permapokan bersenjata demi menyelamatkan harta dan dirinya, dan yang lain sebagainya.

Namun, apabila kita memang tidak sengaja membunuh kaum muslimin, maka tetap dalam Islam ada diyatnya yang harus dibayarkan, yakni:

   َوَعَنْ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا; أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( أَلَا إِنَّ دِيَةَ اَلْخَطَأِ شِبْهِ اَلْعَمْدِ -مَا كَانَ بِالسَّوْطِ وَالْعَصَا- مَائَةٌ مِنَ اَلْإِبِلِ, مِنْهَا أَرْبَعُونَ فِي بُطُونِهَا أَوْلَادُهَا )  أَخْرَجَهُ أَبُو دَاوُدَ, وَالنَّسَائِيُّ, وَابْنُ مَاجَهْ, وَصَحَّحَهُ اِبْنُ حِبَّانَ

Dari Abdullah Ibnu Amar Ibnu al-‘Ash Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Ketahuilah bahwa denda pembunuhan karena kekeliruan dan seperti disengaja -dengan cambuk atau tongkat- adalah seratus unta, empat puluh ekor di antaranya unta yang mengandung anak.” (Riwayat Abu Dawud, Nasa’i dan Ibnu Majah. Hadits shahih menurut Ibnu Hibban.)

Semoga dengan kembali kepada sunnah, kita menjadi cerdas dan dapat belajar untuk menjadi seorang muslim yang kaffah agar dicintai oleh Allah, insyaaAllahu Ta’ala.

Barakallahu fiikum. (aus) []

%d bloggers like this: