Muamalah, FIQIH — February 12, 2018 at 23:23

Inilah Hukuman dalam Syariat Bagi Siapa Saja yang Meminum Khamer (Minuman Keras)

by
Inilah Hukuman dalam Syariat Bagi Siapa Saja yang Meminum Khamer (Minuman Keras)

Dijaman ini banyak sekali minuman keras bertebaran dimana-mana hingga siapapun mudah untuk menjajakannya…..

 

Islamkafah.com – Minuman keras adalah sebuah minuman yang telah jelas diharamkan dalam syariat Islam. Dan, dalam menerapkan suatu hukum pastilah mengandung banyak sekali hikmah didalamnya.

Kita semua mengetahui bahwa minuman keras adalah minuman yang berbahaya bagi kesehatan fisik, otak, dan jiwa kita. Ia adalah sebuah makanan yang merasuk sebagai racun yang perlahan demi perlahan akan menghancurkan peminumnya.

Maka dari itulah, hukuman Islam terhadap kaumnya yang menenggak khamer, mereka mendapatkan hukuman yang berat, yakni sebagaimana hadits dibawah ini:

   َعَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رضي الله عنه ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم أَتَى بِرَجُلٍ قَدْ شَرِبَ اَلْخَمْرَ, فَجَلَدَهُ بِجَرِيدَتَيْنِ نَحْوَ أَرْبَعِينَ. قَالَ: وَفَعَلَهُ أَبُو بَكْرٍ, فَلَمَّا كَانَ عُمَرُ اِسْتَشَارَ اَلنَّاسَ, فَقَالَ عَبْدُ اَلرَّحْمَنِ بْنُ عَوْفٍ: أَخَفَّ اَلْحُدُودِ ثَمَانُونَ, فَأَمَرَ بِهِ عُمَرُ )  مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Dari Anas Ibnu Malik Radliyallaahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam pernah didatangkan seorang yang telah minum arak, lalu memukulnya dengan dua pelepah kurma sekitar empat puluh kali. Perawi berkata: Abu Bakar juga melakukan demikian. Pada masa Umar, ia bermusyawarah dengan orang-orang, lalu Abdurrahman Ibnu ‘Auf berkata: Hukuman paling ringan adalah delapan puluh kali. Kemudian Umar memerintahkan untuk melaksanakannya. Muttafaq Alaihi.

Semoga sedikit tulisan kami ini dapat bermanfaat untuk seluruh kaum muslimin.

Barakallahu fiikum. (raf) []

%d bloggers like this: