KAJIAN, Hikmah — February 13, 2018 at 23:39

Inilah Hakikat Kebinasaan Orang-orang Terdahulu Lantaran Pilih Kasih dalam Penegakan Hudud

by
Inilah Hakikat Kebinasaan Orang-orang Terdahulu Lantaran Pilih Kasih dalam Penegakan Hudud

Rasulullah shallallahu begitu marah dan geram mendengar seseorang yang dimintakan kebebasan akan hukum Allah lantaran kedudukan orang tersebut…

 

Islamkafah.com – Hukum Allah adalah bersifat mengikat bagi seluruh manusia yang hidup hari ini, baik ia seorang muslim atau non muslim sekalipun. Karena sesungguhnya, hukuman Islam ini mengayaomi, melindungi, dan menaungi semua aspek kehidupan manusia.

Maka dari itu, siapa saja yang memerangi syari’at Islam ia wajib pula dibunuh dan diperangi.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam didatangi seorang shahabat yang meminta kebebasan hukuman Allah terhadap had seseorang yang dianggap memiliki kedudukan tinggi, dan sontak wajah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam langsung memerah dan beliau berkhutbah dengan tegas di mimbarnya, sebagaimana hadits dibawah ini:

   َوَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا ؛ أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( أَتَشْفَعُ فِي حَدٍ مِنْ حُدُودِ الْلَّهِ ؟ ثُمَّ قَامَ فَاخْتَطَبَ ، فَقَالَ : أَيُّهَا النَّاسُ ! إِنَّمَا هَلَكَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ أَنَّهُمْ كَانُوا إِذَا سَرَقَ فِيهِمُ الشَّرِيفُ تَرَكُوهُ ، وَإِذَا سَرَقَ فِيهِمُ الضَّعِيفُ أَقَامُوا عَلَيْهِ الْحَدَّ )  الْحَدِيثَ مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ ، وَاللَّفْظُ لِمُسْلِمٍ. ‍‍‍‍‍‍‍‍‍‍‍‍‍وَلَهُ مِنْ وَجْهٍ آخَرَ : عَنْ عَائِشَةَ : كَانَتِ امْرَأَةٌ تَسْتَعِيرُ الْمَتَاعَ ، وَتَجْحَدُهُ ، فَأَمَرَ الْنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم بِقَطْعِ يَدِهَا

Dari ‘Aisyah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Apakah engkau akan memberikan pertolongan untuk membebaskan suatu hukuman dari hukum-hukum yang telah ditetapkan Allah?”. Kemudian beliau berdiri dan berkhutbah. Beliau bersabda: “Wahai manusia, orang-orang sebelummu binasa adalah karena jika ada seseorang yang terpandang di antara mereka mencuri, mereka membebaskannya, dan jika ada orang lemah di antara mereka mencuri, mereka menegakkan hukum padanya.” (Muttafaq Alaihi dan lafadznya menurut riwayat Muslim.)Menurut riwayatnya dari jalan lain bahwa ‘Aisyah Radliyallaahu ‘anhu berkata: Ada seorang perempuan meminjam barang lalu memungkirinya, maka Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam memerintahkan untuk memotong tangannya.

Semoga sediki tulisan kami ini dapat bermanfaat untuk seluruh kaum muslimin.

Barakallahu fiikum. (raf) []

%d bloggers like this: