KAJIAN, Hikmah — February 12, 2018 at 23:11

Inilah Hadiah Bagi Mereka yang Memperjuangkan Kepemilikan Hartanya yang Haq

by
Inilah Hadiah Bagi Mereka yang Memperjuangkan Kepemilikan Hartanya yang Haq

Seorang muslim yang memiliki harta, maka hartanya adalah hak dia sepenuhnya selama bukan dari hasil pencurian dan cara haram lainnya. Maka, memperjuangkan kepemilikian harta adalah sesuatu yang terpuji didalam Islam…..

 

Islamkafah.com –  Ketika kita sedang berjalan-jalan di suatu wilayah, dan kemudian qodarullah Allah memberikan cobaan kepada kita berupa didatangkannya seseorang pun sekelompok begal atau perampok yang berusaha merebut harta kita, maka dianjurkan bagi dirinya untuk melawan para perampok tersebut dengan kekuatan semampunya.

Bahkan, apabila kita berhasil membunuh mereka maka hal itu tentu akan membebaskan kita dari jerat hukum syar’iyyah di mata Allah subhanahu wa ta’ala ataupun dihadapan seorang hakim mahkamah syar’iyyah yang menentukan dengan hukum Allah.

   َوَعَنْ سَعِيدِ بْنِ زَيْدٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( مِنْ قُتِلَ دُونَ مَالِهِ فَهُوَ شَهِيدٌ )  رَوَاهُ اَلْأَرْبَعَةُ, وَصَحَّحَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ

Dari Said Ibnu Zaid Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Barangsiapa terbunuh karena membela hartanya, ia mati syahid.” Riwayat Imam Empat. (Hadits shahih menurut Tirmidzi.)

Bahkan, dalam hadits diatas seseoang yang membela hartanya dan ia kemudian terbunuh karena hal tersebut, maka insyaaAllah dia mati syahid. Dan ini adalah sebuah keutamaan yang besar, tidak seharusnya disia-siakan begitu saja.

Semoga sedikit tulisan kami ini dapat bermanfaat untuk seluruh kaum muslimin.

Barakallahu fiikum. (raf) []

%d bloggers like this: