Tafsir Quran, KAJIAN — October 27, 2018 at 16:30

Inilah Dosa Yang Dapat Membawa Bencana Pada Kita

by
Inilah Dosa Yang Dapat Membawa Bencana Pada Kita

Allah mengadzab suatu kaum karena dosa yang mereka lakukan, lalu dosa apakah yang dilakukan mereka sehingga Allah murka?…

Islamkafah.com – Kita telah mengetahui bahwa bencana yang datang merupakan hasil dari perbuatan dosa manusia sehingga Allah menjadi murka. Lalu Allah jadikan bencana sebagai adzab yang membinasakan.

Lalu dosa apa saja yang menyebabkan Allah murka dan menurunkan adzabnya.

Allah SWT berfirman:

قُلْ سِيْرُوْا فِى الْاَرْضِ فَانْظُرُوْا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلُ ۗ كَانَ اَكْثَرُهُمْ مُّشْرِكِيْنَ

“Katakanlah (Muhammad), Bepergianlah di bumi lalu lihatlah bagaimana kesudahan orang-orang dahulu. Kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang menyekutukan (Allah).”
(QS. Ar-Rum 30: Ayat 42)

Yang pertama adalah kesyirikan yang merajalela sehingga Allah datangkan adzabnya bagi mereka yang tidak mau kembali ke jalan yang benar, syirik berbeda dengan kafir, syirik itu percaya pada Allah tapi juga percaya pada yang lain. Hal inilah yang membuat Allah murka karena Allah tidak ingin diduakan.

Aisyah isteri Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam menjelaskan seperti yang disampaikan oleh Ibnu Qayyim dalam kitabnya al-Jawabul Kafi:

Suatu saat Anas bin Malik bersama seseorang lainnya mendatangi Aisyah. Orang yang bersama Anas itu bertanya kepada Aisyah: Wahai Ummul Mukminin jelaskan kepadaku tentang gempa.

Aisyah menjelaskan, “Jika mereka telah menghalalkan zina, meminum khamar dan memainkan musik. Allah azza wajalla murka di langit-Nya dan berfirman kepada bumi: “goncanglah mereka. Jika mereka taubat dan meninggalkan (dosa), atau jika tidak, Dia akan menghancurkan mereka.

Orang itu bertanya kembali: Wahai Ummul Mukminin, apakah itu adzab bagi mereka?

Aisyah menjawab, “Nasehat dan rahmat bagi mukminin. Adzab dan kemurkaan bagi kafirin.”

Anas berkata: Tidak ada perkataan setelah perkataan Rasul yang paling mendatangkan kegembiraan bagiku melainkan perkataan ini.

Sedikitnya ada empat hal yang membawa adzab datang menghampiri yaitu syirik, zina, khamr, musik.

Wallahu a’lam. (Abd.N)

%d bloggers like this: