Ibadah, FIQIH, Doa & Dzikir — October 23, 2017 at 23:12

Inilah Doa yang Dianjurkan Rasulullah untuk Dibaca Setiap Usai Melaksanakan Shalat!

by
Inilah Doa yang Dianjurkan Rasulullah untuk Dibaca Setiap Usai Melaksanakan Shalat!

Sudah sewajarnya kita memohon kepada Allah agar Allah memudahkan kita untuk bersyukur, beribadah dengan baik, dan berdzikir kepada Allah azza wa jalla….

وَعَنْ مُعَاذٍ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، أَخَذَ بِيَدِهِ ، وَقَالَ :(( يَا مُعَاذُ ، وَاللهِ إنِّي لَأُحِبُّكَ )) فَقَالَ : (( أُوصِيْكَ يَا مُعَاذُ لاَ تَدَعَنَّ في دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ تَقُوْلُ : اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ ، وَشُكْرِكَ، وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ )) . رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ بِإِسْنَادٍ صَحِيْحٍ .

Dari Mu’adz radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memegang tangannya dan beliau berkata, “Wahai Mu’adz, demi Allah, aku mencintaimu.” Lalu beliau berkata, “Aku wasiatkan kepadamu, wahai Mu’adz, janganlah engkau sekali-kali meninggalkan doa ini di akhir setiap shalat, ‘ALLOOHUMMA A’INNII ‘ALAA DZIKRIKA WA SYUKRIKA WA HUSNI ‘IBAADATIK (Ya Allah, tolonglah aku dalam berdzikir, bersyukur, dan beribadah yang baik kepada-Mu).’” (HR. Abu Daud dengan sanad shahih) [HR. Abu Daud, no. 1522; An-Nasa’i, no. 1304. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih.]

Hadits diatas adalah menjelaskan bahwa boleh kita memegang tangan lainnya. Kemudian, dianjurkan kita untuk memberitahu orang yang kita cintai, bahwa kita mencintainya karena Allah azza wa jalla. Karena, dengan adanya hal tersebut, maka kedekatan antar kaum mukminin menjadi lebih kuat.

Selain itu, doa yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam diatas adalah dipraktikkan dan jangan dilupakan. Karena, dalam doa itu diajarkan bahwa kita harus memohon kepada Allah azza wa jalla agar dimudahkan oleh Allah untuk berdzikir, bersyukur, dan menyempurnakan ibadah hanya kepada-Nya.

Dan, satu pelajaran lagi yang bisa kita petik dari hadits shahih diatas adalah hendaklah seseorang selalu meningatkan kawannnya terhadap kebaikan dan kesabaran.

Barakallahu fiikum. (aus) []

%d bloggers like this: