Ibadah, FIQIH — March 24, 2018 at 14:11

Inilah Beberapa Point dalam Bab Adzan yang Perlu Dipahami Seorang Muslim

by
Inilah Beberapa Point dalam Bab Adzan yang Perlu Dipahami Seorang Muslim

Adzan merupakan syari’at Islam yang digunakan sebagai satu isyarat bahwa telah tiba sebuah waktu shalat wajib, mengetahui bab dalam adzan ini adalah kewajiban semua kaum muslimin…Islamkafah.com – Hampir setiap harinya telinga kaum muslimin pastilah mendengar suara adzan berkumandang dari masjid-masjid Allah. Dengan lantang, indah, dan merdu suara adzan menggema ke seantero jagat raya pada waktu yang telah ditentukan.

Mendengar itu, kaum muslimin berbondong-bondong bersegera mengambil air wudhu dan lantas menunaikan shalat wajib, baik secara berjama’ah atau pun secara individual. Hal ini tidaklah menjadi sebuah problem berarti, namun kewajiban menunaikan shalat adalah yang pastinya tidaklah terdebatkan lagi.

Maka dari itu, syariat adzan begitu penting dan mengilmui tentang hal ini adalah wajib bagi kaum muslimin. Berikut kami bawakan beberapa dalil yang akan menjadi beberapa tulisan berseri guna memahami dalil secara lengkap.

   َعَنْ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ زَيْدِ بْنِ عَبْدِ رَبِّهِ رضي الله عنه قَالَ: ( طَافَ بِي -وَأَنَا نَائِمٌ- رَجُلٌ فَقَالَ: تَقُولُ: “اَللَّهُ أَكْبَرَ اَللَّهِ أَكْبَرُ فَذَكَرَ اَلْآذَانَ – بِتَرْبِيع اَلتَّكْبِيرِ بِغَيْرِ تَرْجِيعٍ وَالْإِقَامَةَ فُرَادَى إِلَّا قَدْ قَامَتِ اَلصَّلَاةُ – قَالَ: فَلَمَّا أَصْبَحْتُ أَتَيْتُ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم فَقَالَ: “إِنَّهَا لَرُؤْيَا حَقٍّ…” )  اَلْحَدِيثَ. أَخْرَجَهُ أَحْمَدُ وَأَبُو دَاوُدَ وَصَحَّحَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ وَابْنُ خُزَيْمَةَ.

Abdullah Ibnu Zaid Ibnu Abdi Rabbih berkata: Waktu saya tidur (saya bermimpi) ada seseorang mengelilingi saya seraya berkata: Ucapkanlah “Allahu Akbar Allahu Akbar lalu ia mengucapkan adzan empat kali tanpa pengulangan dan mengucapkan qomat sekali kecuali “qod Qoomatish sholaat”. Ia berkata: Ketika telah shubuh aku menghadap Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam lalu beliau bersabda: “Sesungguhnya ia adalah mimpi yang benar.” Hadits dikeluarkan oleh Ahmad dan Abu Dawud. Shahih menurut Tirmidzi dan Ibnu Khuzaimah.

Semoga sediit tulisan kami ini dapat bermanfaat untuk seluruh kaum muslimin.

Barakallahu fiikum. (Adsn) []

Tags