Keluarga Samara, MUSLIMAH — October 17, 2017 at 22:06

Inilah 15 Manfaat Menikah yang Perlu Anda Ketahui

by
Inilah 15 Manfaat Menikah yang Perlu Anda Ketahui

Dalam agama Islam, pernikahan pun diatur dengan sebaik mungkin, yakni harus atas dasar ketaatan kepada Allah Ta’ala dan Rasul-Nya. Tak diragukan, dengan melangsungkan pernikahan seseorang bisa memelihara kesucian diri dan keturunannya, memelihara kehormatan dan manfaat lainnya yang akan dia dapatkan selama hidup di dunia maupun di akhirat kelak….

Islam menganjurkan para pemuda untuk segera menikah seperti yang telah disebutkan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam dalam sabdanya,

يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ، وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ، فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ

“Wahai para pemuda, siapa saja di antara kalian yang sudah sanggup menikah, maka hendaklah dia menikah. Dan barangsiapa yang tidak sanggup, maka hendaklah dia berpuasa karena puasa itu akan menjadi perisai baginya.” (HR. Al-Bukhari).

Dalam agama Islam, pernikahan pun diatur dengan sebaik mungkin, yakni harus atas dasar ketaatan kepada Allah Ta’ala dan Rasul-Nya. Tak diragukan, dengan melangsungkan pernikahan seseorang bisa memelihara kesucian diri dan keturunannya, memelihara kehormatan dan manfaat lainnya yang akan dia dapatkan selama hidup di dunia maupun di akhirat kelak.

Sesungguhnya, banyak sekali manfaat pernikahan bagi seseorang dari sisi sosial kemasyarakatan, kesehatan, dan lain sebagainya. Dalam sebuah buku berjudul 1000 Tips Menggapai Rumah Tangga Bahagia, karya Batsinah As-Sayyid Al-Iraqi disebutkan sejumlah manfaat pernikahan.

Berikut ini kami sebutkan 15 manfaat di antaranya:

1. Menikah berarti melaksanakan perintah Allah Ta’ala dan Rasul-Nya yang menjadi kunci kebahagiaan seorang hamba di dunia maupun di akhirat kelak.

2. Mengikuti sunnah para nabi yang menjadi contoh dan panutan bagi kita semua.

3. Menikah adalah sarana untuk menyalurkan nafsu dengan cara yang benar. Menikah juga merupakan sumber kebahagiaan jiwa dan hati.

4. Dengan menikah, seseorang akan menjaga kehormatannya, menundukkan pandangannya dan menjauhi berbagai macam fitnah yang ada di lingkungan sekitarnya.

5. Memperbanyak jumlah umat Islam sehingga menjadi kuat dan dihormati.

Dengan  banyaknya jumlah umat Islam, maka mereka bisa berdiri sendiri dan tidak meminta bantuan kepada umat lain. Namun dengan satu syarat, yaitu apabila kekuatannya ini dipergunakan sesuai dengan syariat Islam.

6. Mewujudkan cita-cita Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Beliau ingin membanggakan umatnya yang banyak di hari Kiamat kelak di hadapan para Nabi dan Rasul selain beliau.

7. Memperkuat ikatan kekeluargaan dan rasa cinta di antara dua keluarga, dan memperkuat ikatan kemasyarakatan.

8. Menikah merupakan kunci memperbanyak rezeki dan kekayaan.

Hal ini seperti yang telah disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, “Tiga kelompok manusia yang akan ditolong Allah, di antaranya seorang laki-laki yang akan menikah untuk memelihara kesucian dirinya.”

9. Mempertahankan eksistensi umat dengan berkembang biaknya manusia yang dilahirkan lewat pintu pernikahan yang benar menurut syariat Islam.

Ketika seseorang menikah, dia kana merasakan kebahagiaan di dalam hatinya. Kebahagiannya akan bertambah jika telah mempunyai anak.

10. Sepasang suami istri yang saling membutuhkan satu sama lainnya, seperti ketenangan lahir dan batin.

11. Menikah merupakan sarana untuk penyaluran insting laki-laki dan perempuan yang telah dijadikan Allah Ta’ala sebagai penyempurna kehidupan manusia.

12. Sepasang suami istri dapat bekerja sama untuk mendidik anak-anak, membina dan menjaga keutuhan keluarga.

13. Ketika dua insan menikah, maka terbentuklah hbungan suami istri yang dibangun atas dasar pemenuhan hak dan kewajiban di dalam ruang lingkup rasa cinta, kasih sayang, dan saling hormat menghormati.

14. Apabila seorang suami memenuhi hak istri dan anak-anaknya, maka dia akan mendapatkan pahala yang besar.

Seoang lelaki yang telah menikah berkewajiban untuk memenuhi kebutuhan istri dan anak-anaknya. Jika dia melaksanakannya, maka dia akan mendapatkan pahala seperti yang disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam,

“Setiap biaya yang engkau keluarkan karena mengharapkan ridha Allah akan berpahala, termasuk biaya yang engkau berikan kepada istrimu.”

15. Menikah sebagai sarana untuk menyempurnakan agama, mensucikan jiwa dan raga dan menjaga nama baik seperti doa anak shalih untuk kedua orang tuanya seperti yang disabdakan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلاَّ مِنْ ثَلاَثَةٍ: إِلاَّ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Apabila seseorang meninggal dunia akan terputus seluruh amal perbuatannya kecuali dari tiga perkara: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak yang shalih yang senantiasa mendoakannya.” (HR. Muslim).

Semoga tulisan ini bermanfaat. Aamiin.

 


Sumber : http://bersamadakwah.net/inilah-15-manfaat-menikah-yang-perlu-anda-ketahui/

%d bloggers like this: