Tafsir Hadits, KAJIAN, Hikmah — June 1, 2018 at 07:09

Inilah 10 Tanda Kiamat Besar yang dsebutkan dalam Hadits

by
Inilah 10 Tanda Kiamat Besar yang dsebutkan dalam Hadits

Kiamat pasti kan terjadi kapan terjadinya kita tidak tahu dan hanya Allah yang mengetahuinya, namun Rasulullah telah memberikan penjelasan tentang tandanya kepada kita semua…

 

Islamkafah.comBerkaitan dengan 10 tanda yang akan terjadi menjelang kiamat, penulis  mengutip sejumlah hadis. Antara lain, yang diriwayatkan dari Hudzaifah, bahwa ia bercerita, “Kami sedang duduk-duduk di bawah naungan sebuah tembok di Madinah. Sementara Rasulullah, berada di dalam kamar. Beliau menengok kami dan bertanya, ‘Sedang apa kalian duduk-duduk di situ?’ Kami menjawab, ‘Sedang berbincang-bincang.’ Beliau bertanya, ‘Tentang apa?’ Kami menjawab, ‘Tentang kiamat.

‘ Beliau bersabda, ‘Kiamat tidak akan tiba sebelum kalian melihat 10 tandanya. Pertama-tama ialah matahari terbit dari barat, kabut, Dajjal, binatang melata, lalu tiga peristiwa gerhana bulan (yakni gerhana yang terjadi di sebelah timur, gerhana yang terjadi di sebelah barat, dan gerhana yang terjadi di semenanjung Arab). Lalu, datangnya Isa, keluarnya Ya’juj dan Ma’juj, dan terakhir ialah munculnya api dari Yaman di sebuah jurang ‘Aden. Siapa pun yang berada di belakangnya, ia akan digiring ke padang mahsyar.”

Dari Hudzaifah bin Asid Al-Ghifari ra. berkata: “Datang kepada kami Rasulullah saw. dan kami pada waktu itu sedang berbincang-bincang. Lalu beliau bersabda: “Apa yang kamu perbincangkan?”. Kami menjawab: “Kami sedang berbicara tentang hari kiamat”. Lalu Nabi saw. bersabda: “Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga kamu melihat sebelumnya sepuluh macam tanda-tandanya”. Kemudian beliau menyebutkannya: “Asap, Dajjal, binatang, terbit matahari dari tempat tenggelamnya, turunnya Isa bin Maryam alaihissalam, Ya’juj dan Ma’juj, tiga kali gempa bumi, sekali di timur, sekali di barat dan yang ketiga di Semenanjung Arab yang akhir sekali adalah api yang keluar dari arah negeri Yaman yang akan menghalau manusia ke Padang Mahsyar mereka “. (HR Muslim).

Dalam hadits di atas terdapat 10 tanda kiamat, namun secara urutan kedatangannya tidak ada riwayat yang pasti, tetapi ke 10 tanda tersebut pasti akan terjadi, banyak yang berusaha mengurutkan kronologi rentetan 10 tanda kiamat tersebut, tetapi hemat kami tidak perlu kita sibuk mencari tahu urutan kejadiannya, kita sebagai orang yang beriman hendaklahlah langsung meyakini tanpa harus bertanya masalah bagaimana terjadinya kapan terjadinya serta bagaimana urutannya.

Wallahu A’lam. (Abd.N)