Fiqh Wanita, MUSLIMAH — Thu 15 Jumada Al Oula 1439AH 1-2-2018AD at 23:34

Wanita Lebih Baik Keluar dari Masjid Lebih Awal Agar Tidak Berpapasan dengan Kaum Lelaki

by
Wanita Lebih Baik Keluar dari Masjid Lebih Awal Agar Tidak Berpapasan dengan Kaum Lelaki

Sebaiknya kaum wanita yang sedang menjalankan ibadah shalat berjama’ah di masjid hendaknya segera keluar dari masjid sebelum para lelaki keluar dari masjid…

 

Islamkafah.comKetika ibadah shalat berjamaah usai, maka kita dapati bahwa banyak dari kaum wanita yang masih berada di masjid bahkan hingga kaum lelaki keluar dari masjid.

Hal ini sebenarnya perlu ditekankan terhadap mereka bahwa sebaiknya mereka segera meninggalkan masjid. Karena, sebaik-baik shalat dan ibadah mereka adalah di rumah-rumah mereka.

Selain itu, apabila mereka keluar dari masjid sangat sering kita dapati bahwa mereka berpapasan dengan kaum lelaki. Dan, tidak sedikit pula yang pintu keluar antara lelaki dan wanita adalah sama.

Hal ini tentu berbahaya dan akan menimbulkan fitnah bagi masing-masingnya. Karena, lelaki bisa melihat wanita dan sebaliknya. Terlebih, saat ini para wanita banyak yang tidak memahami hakikat hijab dan sebagainya.\

Sehingga lengkap sudah fitnah yang diberikan oleh kaum wanita sebagaimana penjelasan Rasulullah shallallahu ‘alahi wassalam terkait fitnah yang paling berbahaya bagi kaum lelaki.

Lihat bagaimana sikap Rasulullah membiarkan kaum Hawa untuk keluar terlebih dahulu dari pada kaum lelaki.

Dari Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha, ia berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا سَلَّمَ قَامَ النِّسَاءُ حِينَ يَقْضِى تَسْلِيمَهُ ، وَيَمْكُثُ هُوَ فِى مَقَامِهِ يَسِيرًا قَبْلَ أَنْ يَقُومَ . قَالَ نَرَى – وَاللَّهُ أَعْلَمُ – أَنَّ ذَلِكَ كَانَ لِكَىْ يَنْصَرِفَ النِّسَاءُ قَبْلَ أَنْ يُدْرِكَهُنَّ أَحَدٌ مِنَ الرِّجَالِ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam jika salam dari shalat, para jama’ah wanita kala itu berdiri. Beliau tetap duduk di tempat beliau barang sebentar sebelum beranjak. Kami melihat –wallahu a’lam– hal itu dilakukan supaya wanita bubar lebih dahulu sebelum berpapasan dengan para pria.” (HR. Bukhari, no. 870)

Semoga sedikit tulisan kami ini dapat bermanfaat, dan dapat diambil pelajaran untuk para kaum Hawa.

Barakallahu fiikum. (ssdn)