Kuliah Aqidah, KAJIAN — Mon 12 Rabi Al Awwal 1443AH 18-10-2021AD at 06:14

Takkan Pernah Bisa Lari Dari Kematian Yang Pasti

by
Takkan Pernah Bisa Lari Dari Kematian Yang Pasti

Kematian adalah sebuah janji yang pasti. Dan, pasti akan terjadi karena ini adalah firman Ilahi. Maka bersiaplah kalian wahai pemuda-pemudi, yang masih suka bermaksiat disana dan disini. Sungguh ajal akan segera menanti meski kau lari hingga ujung negeri ini.

Disebutkan dalam sebuah hadits, bahwa Rasulullah ditanya tentang Kiamat. Beliau lantas menatap ke arah seorang anak kecil lalu bersabda:

لن ىد ر ك هذا ا لهر م حتى تا تىكم سا عتكم

“Masa tua ini tidak akan menjumpai anak ini, hingga Kiamat kalian tiba menghampiri kalian.”

Maksudnya, generasi mereka berlalu dan mereka memasuki alam akhirat. Sebab, barangsiapa meninggal dunia, secara hukum ia telah memasuki akhirat. Sebagian orang mengatakan, “Siapa meninggal dunia, kiamatnya telah terjadi.” Makna kata ini benar. Sebagian kalangan atheis menyatakan seperti itu, tapi mereka mengisyaratkan padahal batil.

Kematian merupakan kiamat kecil. Sementara Kiamat besar adalah saat di mana orang-orang terdahulu dan kemudian berkumpul di satu tanah lapang. Hanya Allah saja yang mengetahui waktu terjadinya Kiamat besar ini.

Rasulullah Tidak Mengetahui Kapan Kiamat Terjadi

Ketika Jibril ‘alaihissalam datang dalam wujud seorang badui lalu bertanya tentang Islam, iman, dan ihsan, Nabi Shalallahu’alaihi Wassalam menjawab semua pertanyaan ini. Selanjutnya ketika Jibrik bertanya tntang Kiamat, beliau berkata kepadanya, “Orang yang ditanya tentang (kiamat) tidak lebih tahu dari yang bertanya.” Jibril berkata, “Kalau begitu kabarkanlah kepadaku tentang tanda-tandanya.” Nabi Shalallahu’alaihi Wassalam lantas mengabarkan tanda-tandanya.

Sumber:http://www.panjimas.com/kajian/2016/04/01/barangsiapa-meninggal-dunia-kiamatnya-telah-terjadi/

Judul Asli: Barang siapa meninggal dunia, Kiamatnya telah terjadi