Fiqh Wanita, Smarteen, MUSLIMAH — Tue 23 Shawwal 1443AH 24-5-2022AD at 00:27

“Serius, Pake Jilbab Dan Kerudung Itu Gerah”

by
“Serius, Pake Jilbab Dan Kerudung Itu Gerah”
Islam memang mewajibkan para wanitanya mengenakan jilbab dan kerudung untuk menutup aurat mereka. Dan ini bukan doktrin yang kudu kamu patuhi tanpa bisa kita pelajari dan kita mengerti. Apalagi kalo kita masih muda inih. Pastinya rasa kepo kita kelewat tebel, kan?. Nah kenapa nggak itu diteruskan dengan sebuah “penelitian”, yang akhirnya bisa ngebawa kamu ke sebuah pencerahan?…

 

 

Assalamuallaikum genk, yuk ngumpul bareng lagi. Kita diskusi asyik soal kita. So, yang cewek- cewek, merapaaaat!

“Masalahnya, kalo pakai kerudung itu gerah tau, Sirius!. Belon lagi kalo pakai jilbab, pakaian sehombreng gitu lebarnya, menurut gue ribet banget”. Ini reaksi spontan salah satu temen kita, begitu denger kalo dia sebagai cewek punya kewajiban kudu wajib pake jilbab dan kerudung.

Islam memang mewajibkan para wanitanya mengenakan jilbab dan kerudung untuk menutup aurat mereka. Dan ini bukan doktrin yang kudu kamu patuhi tanpa bisa kita pelajari dan kita mengerti. Apalagi kalo kita masih muda inih. Pastinya rasa kepo kita kelewat tebel, kan?. Nah kenapa nggak itu diteruskan dengan sebuah “penelitian”, yang akhirnya bisa ngebawa kamu ke sebuah pencerahan?

Seperti contohnya ini, kita sebagai cewek pastinya pernah lihat dong, pakaian-pakaian yang dijembreng di etalase toko? Pernah nggak sih girls kita mikir, pakaian- pakaian itu walaupun mungkin ada yang tampilannya biasa, bahannya pun biasa, tapi istimewanya, dia dibungkus plastik dengan lebih rapi. Orang pasti bakal lebih segan buat megang, dan kudu mikir dua kali buat nawarnya. Takut- takut uangnya tar kurang deh. Orang juga pasti mikirnya barang istimewa bakal dirawat dan diperlakukan dengan istimewa dong. Ini 180 derajat kebalik dengan gimana cara mereka ngelihat baju-baju yang dibiarin terbuka dan pada kena debu. Mereka bahkan bakal berani nawar dengan harga paling miring, walaupun bahannya bagus dan mahal.

Dan kurang lebih, seperti itulah kita girls. Kalo kita nata diri dengan jilbab dan kerudung, orang juga bakal pasti ada rasa segan dan sungkan sama kita. Next, mereka akan lebih menghormati dan mengistimewakan kita. Dan akhirnya terbukti kan, kalo jilbab dan kerudung bukan mengikat kebebasan kita, apalagi sampai ngerampas gerak kita. Allah terlalu maha penyayang buat mendholimi hambanya seperti itu, cyin. Jilbab dan kerudung malah justru melindungi kita dari kejahatan mata jalang, dan tangan-tangan jahil yang bakal ngerusak kehormatan dan harga diri kita. Dan yang begini, nggak ada yang lain, kecuali dimari, di dalam aturan Islam. Cowok- cowok juga bakalan lebih adem ati dan matanya karena mereka nggak perlu bingung ngebendung nafsu mereka yang lagi siaga satu karena lihat aurat berserakan dimana-mana. So, kalau udah tau segitu banyak keuntungan kita pake jilbab dan kerudung, apa iya masih bakal mundur cuma karena alasan gerah, atau masih komen kalo kedua hal itu bakal bikin ribet?

Apalagi kalo kita kembali ke aturan yang konstan, Aturan Allah subhanahu Wata’ala nih. Jilbab dan kerudung adalah mutlak perintah. Dan sebagai muslimah tulen, harusnya jawaban kamu adalah persis seperti Firman Allah ini, “Sesungguhnya jawaban orang-orang mu’min, bila mereka dipanggil kepada Allah dan rasul-Nya agar rasul menghukum (mengadili) di antara mereka ialah ucapan“Kami dengar dan kami taat.” Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung. (Qs. An-Nur ayat 51).

Janji Allah adalah yang paling bakal pasti ditepati, girls. So, kenapa nggak mulai sekarang? Nggak usah terlalu berat mikirnya, jalanin aja. Jangan kawatir, If there’s a will, there’s a way.

Oh ya, kalo ada kalimat “loe jilbab-in dulu hati loe, stelah itu baru deh pake jilbab”. Masalahnya bu, itu seperti “ loe ngebut aja pake itu motor”, tapi kita ngeh kalo itu motor nggak ada rem nya. Mungkin nggak bakalan nyampe tempat? Ato bakal “wassalam”?. Yups, padahal jilbab dan kerudung itu ibarat rem buat kita. Yang justru kalo habis kita pake, bakalan seperti ada yang ngingetin kalo kita mau maksiat, yah minimal rasa malu dalam hati lah. Dan sebaliknya kalo seterusnya kamu nggak pake, pasti ada rasa “lepas kontrol”.

Satu lagi teman, dengan makai kedua benda berharga ini nggak lantas maksa kamu jadi malaikat yang nggak ngelakuin dosa, lho. Jadi jangan merasa sangat terbebani banget. Namanya manusia mah pasti bakal tetep  ada sisi kelemahannya. Tapi seperti sabda Rasulullah SAW bahwa “Setiap anak Adam sering melakukan dosa dan sebaik-baiknya orang yang melakukan dosa adalah orang-orang yang bertaubat”(HR. Ibnu Majah). Inshaallah dengan jilbab dan kerudung yang ada dibadan kita, itu bakal jadi alarm yang ngingatin kita buat selalu tambah lebih baik. So pasti kalo kamu bener- bener niat, Allah pasti bakal mudahin kok jalannya. Toh ini niat baik kan? Allah yang maha penyayang terlalu penyayang untuk nggak ngebantu kita. Jadi, ayuk siapin diri, siapin hati. Saatnya menyambut kamu yang baru dengan berjilbab dan berkerudung.


Sumber : http://www.panjimas.com/muslimah/2014/08/14/sirius-pake-jilbab-dan-kerudung-itu-gerah/