Nasional, NEWS — Tue 13 Jumada Al Oula 1439AH 30-1-2018AD at 09:02

Seorang Siswi Madrasah Aliyah Berjualan Jamu Keliling Demi Bantu Ibunya

by
Seorang Siswi Madrasah Aliyah Berjualan Jamu Keliling Demi Bantu Ibunya

Seorang siswi madrasah Aliyah berjualan jamu sesudah pulang sekolah demi membantu ibu yang sedang sakit…

PEKALONGAN, JAWA TENGAH (Islamkafah.com) – Seorang siswi Madrasah Aliyah di Pekalongan Jawa Tengah Opi Wendasari (17) memanfaatkan waktu luangnya dengan berjualan jamu keliling. Hal itu dilakukan olehnya untuk menggantikan ibunya yang tengah sakit.

Opi sudah menyiapkan racikan jamu yang akan dijualnya mulai pukul 03 .00 WIB dini hari sampai pukul 06.00 WIB sebelum ia berangkat sekolah. Dan aktifitas Opi sebagai penjual jamu dimulai usia pulang sekolah atau saat liburan sekolah.

Dilansir sindonews.com (30/01/18) “Jamu yang saya jual beraneka macam, mulai dari jamu beras kencur, empu kunir, gula asem, suruh, pahit, sambiloto hingga jamu siap seduh. Jamu tersebut dijual mulai dari harga seribu rupiah hingga lima ribu rupiah,” ujar Opi.

“Awalnya ibu sakit dan jamu yang biasa dikelilingkan berhenti sehingga tak ada biaya hidup. Saya kemudian menggantikan ibu berjualan keliling, awalnya agak kikuk namun lama-lama senang karena bisa memperoleh hasil lumayan dan dapat membatu ibu,” tutur Opi.

Sementara orang tua Opi mengatakan putrinya itu berjualan jamu atas kemauan sendiri tanpa paksaan khawatir ada yang mengatakan itu eksplotasi anak. “Mungkin Opi merasa kasihan pada saya yang sakit lalu menggantikan peranan untuk berjualan jamu keliling,” tuturnya. (AN)