Infaq Dakwah Center, NEWS — Sat 29 Rajab 1442AH 13-3-2021AD at 19:40

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

by
Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

 

PEBAYURAN, Infaq Dakwah Center (IDC) – Sudah 21 hari Kakek Jaman mengungsi ke jembatan di tengah sawah Karangharja Kabupaten Bekasi. Rumah bambu yang dihuni sejak tahun 1985 itu roboh diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum pada Ahad (21/02/2021).

Beruntung, kakek tuna netra yang sudah uzur ini selamat dari maut reruntuhan rumah. Oleh sang istri, Nenek Kasmunah, ia diungsikan ke jembatan dengan peralatan seadanya.

Para warga membantu bahu-membahu membantu Kakek Jaman. Tenda pengungsian dirapikan dengan atap terpal yang dipasang memakai tiang bambu yang diikat di pagar jembatan.

Tanpa listrik, kamar mandi dan tempat tidur, kini Kakek Jaman tak bisa berkebun mencari nafkah. Ia hanya bisa rebahan di atas jembatan karena kondisinya yang kurang sehat.

Di ujung usianya, Kakek Jaman sangat membutuhkan rumah yang nyaman untuk istirahat dan beribadah menyongsong husnul khatimah. Namun dari pekerjaan sebagai buruh tani dan berkebun, ia tak punya dana.

“Rumah saya rubuh kena banjir tiga minggu kemarin. Saya ingin rumah saya dibangun lagi,” ujarnya kepada Relawan IDC, Selasa (8/3/2021).

Diperlukan dana sekitar 11 juta rupiah untuk membangun hunian yang layak dan nyaman untuk Kakek Jaman. Ayo Bantu..!!!

PEDULI KASIH DHUAFA: AMALAN PENGUNDANG SUKSES DAN PERTOLONGAN ALLAH

Beban hidup yang dipikul Kakek Jaman adalah beban kita juga, karena persaudaraan setiap Muslim ibarat satu tubuh. Jika satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh lainnya otomatis terganggu karena merasakan kesakitan juga.

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ، مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى.

“Perumpamaan kaum mukminin dalam cinta-mencintai, sayang-menyayangi dan bahu-membahu, seperti satu tubuh. Jika salah satu anggota tubuhnya sakit, maka seluruh anggota tubuhnya yang lain ikut merasakan sakit juga, dengan tidak bisa tidur dan demam” (Muttafaq ‘Alaih).

Rasulullah SAW menjamin bahwa kepedulian terhadap kaum dhuafa akan mendatangkan kesuksesan rezeki, keberkahan dan pertolongan Allah Ta’ala.

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُنْيَا نَفَّسَ الله عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَومَ القِيَامَةِ و مَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ الله عَلَيهِ في الدُنيَا و الأَخِرَةٍ و مَن سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ الله في الدُنيَا و الأَخِرَةٍ و الله في عَونِ العَبْدِ ما كان العَبْدُ في عَونِ أَخِيهِ

“Barangsiapa menghilangkan kesulitan seorang mukmin di dunia, maka Allah akan melepaskan kesulitannya pada hari kiamat. Barangsiapa memudahkan orang yang tengah dilanda kesulitan, maka Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Dan Allah senantiasa membantu seorang hamba selama hamba tersebut senantiasa membantu saudaranya…” (HR Muslim).

هَلْ تُنْصَرُوْنَ وَتُرْزَقُوْنَ إِلاَّ بِضُعَفَائِكُمْ

“Kalian hanyalah mendapat pertolongan dan rezeki dengan sebab adanya orang-orang lemah dari kalangan kalian” (HR Bukhari 2896).

إِنَّمَا يَنْصُرُ اللهُ هَذَهِ اْلأُمَّةَ بِضَعِيْفِهَا: بِدَعْوَتِهِمْ، وَصَلاَتِهِمْ، وَإِخْلاَصِهِمْ

“Sesungguhnya Allah menolong umat ini dengan sebab orang-orang lemah di antara mereka di antara mereka, yaitu dengan doa, shalat, dan keikhlasan mereka” (HR An-Nasa’i 3178, shahih).

Donasi untuk membantu rumah Kakek Jaman bisa disalurkan melalui program INFAQ DARURAT:

  1. Bank Muamalat, No.Rek: 34.7000.3005 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  2. Bank BNI Syariah, No.Rek: 293.985.605 a.n: Infaq Dakwah Center.
  3. Bank Mandiri Syari’ah (BSM), No.Rek: 7050.888.422 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  4. Bank Bukopin Syariah, No.Rek: 880.218.4108 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  5. Bank BTN Syariah, No.Rek: 712.307.1539 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  6. Bank Mega Syariah, No.Rek: 1000.154.176 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  7. Bank Mandiri, No.Rek: 156.000.728.7289 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  8. Bank BRI, No.Rek: 0139.0100.1736.302 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  9. Bank CIMB Niaga, No.Rek: 80011.6699.300 a.n Yayasan Infak Dakwah Center.
  10. Bank BCA, No.Rek: 631.0230.497 a.n Budi Haryanto (Bendahara IDC).

CATATAN: