Nasional, NEWS — Mon 12 Jumada Al Oula 1439AH 29-1-2018AD at 07:33

Pembangunan Tol Batang-Semarang, Pembebasan Masjid dan Makam Belum Selesai

by
Pembangunan Tol Batang-Semarang, Pembebasan Masjid dan Makam Belum Selesai

Pembangunan jalan Tol penghubung antara batang dan semarang masih terkendala oleh wakaf masjid dan makam yang belum selesai…

SEMARANG, JAWA TENGAH (Islamkafah.com) – Pembebasan masjid dan makam yang belum selesai pada pembangunan proyek jalan tol antara Batang-Semarang membuat proyek ini tertunda.

Hal ini terjadi karena Undang-Undang Wakaf yang mengharuskan proses pemindahan atau penyelesaian tanah wakaf jika dijadikan fasilitas umum tidak boleh diganti dengan uang, harus menggunakan tanah dan bangunan lagi.

Dialnsir sindonews.com (29/01/18) Kepala Sub Seksi Pengaturan Tanah Pemerintah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Semarang, B Wibowo mengatakan, kendalanya hanya masalah normatif terkait regulasi Undang-Undang (UU) wakaf dan Peraturan Pemerintah (PP) Perwakafan yang membutuhkan proses cukup panjang.

Pembebasan tanah wakaf yang belum selesai pada proyek jalan tol ini diantaranya adalah Masjid Jami Baitul Mustaghfirin di Kelurahan Tambakaji, Ngaliyan, Kota Semarang. Dan, sebuah kuburan atau makam seluas 5.300 meter persegi yang berlokasi di dekat terowongan Plampisan Ngaliyan Semarang. Selain itu juga ada sebuah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Islam, MI Nurul Huda yang berada di lokasi yang sama. (AN)