Pemurtadan, Firqah, TBC, Ghazwul Fikri, NAHIMUNKAR — Wed 25 Rabi Al Awwal 1439AH 13-12-2017AD at 10:32

Mengenal Tamimah: Sebuah Kemusyrikan yang Terus Ada Hingga Zaman Modern

by
Mengenal Tamimah: Sebuah Kemusyrikan yang Terus Ada Hingga Zaman Modern

Dewasa ini banyak orang-orang yang mengenakan jimat sebagai bentuk membentengi dari kemudharatan yang akan menimpa dirinya, dan ini adalah sebuah kemusyrikan yang nyata…

Islamkafah.com – Tamimah adalah jimat yang bisa berbentuk dalam wujud apapaun. Misal dalam wujud patung mungil, batu akik, tulang, kulit, rambut, bahkan al-qur’an.

Perbuatan menggantungkan Tamimah atau jimat itu adalah perbuatan setan dan barang siapa yang menggunakannya maka ia telah musyrik.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam, bersabda:

مَنْ تَعَلَّقَ تَمِيمَةً فَلاَ أَتَمَّ اللَّهُ لَهُ وَمَنْ تَعَلَّقَ وَدَعَةً فَلاَ وَدَعَ اللَّهُ لَهُ

Barangsiapa yang menggantungkan tamimah, semoga Allah tidak mengabulkan keinginannya. Dan barangsiapa yang menggantungkan wada’ah, semoga Allah tidak memberi ketenangan pada dirinya.” (HR. Ahmad di dalam Al-Musnad (IV/154) dan Al-Hakim di dalam Al-Mustadrak (IV/216,217)).

Dalam riwayat yang lain, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ تَعَلَّقَ تَمِيمَةً فَقَدْ أَشْرَكَ

Barangsiapa yang menggantungkan tamimah, dia telah berbuat syirik.” (HR. Ahmad di dalam Al-Musnad (IV/156); Al-Hakim di dalam Al-Mustadrak (IV/216); Al-Mundziri di dalam At-Targhib wa At-Tarhib (IV/307) dan dia berkata, “Ahmad dan aku meriwayatkannya dengan tsiqah”).

Dari kedua hadits diatas, maka telah jelas bahwa orang yang mengenakan amimah baik untuk dikalungkan, dikenakan, atau digantungkan di rumah-rumah adalah perbuatan syirik. Meskipun yang ia gantungkan adalah ayat-ayat suci Al-Qur’an, sebagai bentuk tamimah, maka ia telah murtad dari Islam.

Wallahu ‘alam. (aus)

Tags