Ibadah, FIQIH, Doa & Dzikir — Wed 11 Rabi Al Awwal 1439AH 29-11-2017AD at 23:45

Mengamalkan Doa yang Bersumber dari Nash adalah Lebih Baik

by
Mengamalkan Doa yang Bersumber dari Nash adalah Lebih Baik

Banyaklah kita untuk melakukan doa yang bersumber dari Al-Qur’an wa Sunnah…

Islamkafah.com – Setiap insan pastilah banyak melakukan dosa dan kesalahan. Dan, setiap itu pula mereka sangat menginginkan mendapatkan ampunan dari Rabb mereka, Allah azza wa jalla. Akan tetapi, sedikit dari kita yang mungkin tahu bagaimana cara mendapatkan ampunan Allah.

Cara mendapatkan ampunan Allah ada banyak, salah satunya adalah banyak berdoa dengan doa-doa yang tulus ikhlas, ditujukan kepada Allah saja, sembari bertaubat dan mengamalkan doa yang sesuai Qur’an dan Sunnah.

Salah satu doa tersebut adalah:

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ -: أَنَّ رَسُولَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – كَانَ يَقُولُ فِي سُجُودِهِ : (( اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي كُلَّهُ : دِقَّهُ وَجِلَّهُ ، وَأَوَّلَهُ وَآخِرَهُ ، وَعَلاَنِيَتَهُ وَسِرَّهُ )) . رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca ketika sujudnya, “ALLOHUMMAGH-FIR LII DZANBII KULLAHU, DIQQOHU WA JILLAHU, WA AWWALAHU WA AAKHIROHU, WA ‘ALAANIYATAHU WA SIRROHU (Artinya: Ya Allah ampunilah seluruh dosaku, yang kecilnya dan besarnya, yang pertamanya dan terakhirnya, yang terang-terangannya dan rahasianya).” (HR. Muslim, no. 483).

Semoga kita bisa segera mempraktikan dan mengajarkannya, ya? Barakallahu fiikum. (aus) []