AQIDAH-AKHLAQ, Kuliah Aqidah, Tafsir Quran, KAJIAN, Hikmah — Sat 25 Safar 1443AH 2-10-2021AD at 06:04

Kunci untuk Semua Masalah Kita Adalah Taqwa Kepada Allah

by
Kunci untuk Semua Masalah Kita Adalah Taqwa Kepada Allah

Islam sudah memberikan jalan hidup yang betul-betul sempurna, dan setiap ada masalah apa saja islam mampu menyelesaikannya, apa pun masalah yang sedang kita hadapi islam sudah menja

Islamkafah.com  Islam merupakan satu-satunya agama yang dapat membawa manusia menuju kehidupan akhirat yang bahagia, karena islam adalah agama yang diridhoi oleh sang pencipta alam semesta ini yaitu Allah.

Islam sudah memberikan jalan hidup yang betul-betul sempurna, dan setiap ada masalah apa saja islam mampu menyelesaikannya, apa pun masalah yang sedang kita hadapi islam sudah menjawabnya.

Allah berfirman dalam surat Ath Thalaq ayat 2:

فَإِذَا بَلَغْنَ أَجَلَهُنَّ فَأَمْسِكُوهُنَّ بِمَعْرُوفٍ أَوْ فَارِقُوهُنَّ بِمَعْرُوفٍ وَأَشْهِدُوا ذَوَيْ عَدْلٍ مِنْكُمْ وَأَقِيمُوا الشَّهَادَةَ لِلَّهِ ۚ ذَٰلِكُمْ يُوعَظُ بِهِ مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۚ وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا

Apabila mereka telah mendekati akhir iddahnya, maka rujukilah mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Demikianlah diberi pengajaran dengan itu orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar (Ath Thalaq:2)

Dalam kalimat وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا yang memiliki arti Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar, solusi dari semua persoalan hidup adalah bertaqwa kepada Allah.

Mari kita bahas sedikit tentang taqwa, kata taqwa secara bahasa berarti takut, dan secara istilah bermakna mengerjakan segala perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya, jadi sebetulnya hidup kita akan lancar jika kita mengikuti peraturan Allah dan Rasulnya, jika peraturan hidup kita melenceng dari aturan islam maka sudah dapat dipastikan bahwa orang yang melenceng tersebut akan mendapatkan masalah dalam hidupnya.

Dalam ayat di atas menjelaskan peraturan tentang thalaq, bagi yang pernah mengalami masalah rumah tangga maka sudah bisa mengetahui sulitnya permasalhan tersebut, namun kemudian islam memberikan peraturan bahwa jika tidak bisa dilanjutkan rumah tangganya maka berpisahlah dan jika masih bisa maka rujuklah, itulah solusi di dalam islam.

Begitulah islam mengaturnya, kalau kita mau diatur alias bertqwa pada Allah maka islam menjamin solusinya dan bukan hanya itu, di ayat ke 3 dijelaskan lagi

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ ۚ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.(Ath Thalaq : 3)

Sungguh luar biasa ajaran islam ini, bukan hanya diberi solusi tapi juga ditambah dalam urusan rizkinya, serta dijanjikan dicukupi urusannya, inilah ajaran yang luar biasa yang tidak ada tandingannya.

Semoga kita termasuk orang yang bertaqwa dan mendapatkan solusi dalam hidup kita serta mendapakan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. (AN)