FIQIH, Doa & Dzikir — Tue 18 Jumada Al Akhira 1439AH 6-3-2018AD at 20:24

Inilah Makna ‘Hasanah’ dalam Doa Sapu Jagad

by
Inilah Makna ‘Hasanah’ dalam Doa Sapu Jagad

“Dan di antara mereka ada orang yang berdoa, ‘Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS Al-Baqarah: 201)…

 

ADA sebuah doa yang sangat terkenal di kalangan uamat Islam. Bunyinya adalah “Robbana aatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar.” Artinya, “berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari azab neraka.”

Doa ini diajarkan langsung dalam  Al-Qur’an. Firman Allah SWT:

“Dan di antara mereka ada orang yang berdoa, ‘Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS Al-Baqarah: 201)

Apa sih makna kebaikan yang dimaksud dalam doa tersebut?

Kita sering membaca doa ini tapi tak juga mengerti kebaikan apa yang kita minta itu. Nah, aggar lebih memahaminya, Rasulullah SAW menjelaskkan dalam sebuah hadis.

“Siapa yang diberi hati yang bersyukur dan lisan yang selalu berzikir serta istri mukminah yang membantunya dalam urusan dunia dan akhiratnya maka ia telah mendapatkan kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta terjaga dari api neraka.”

Dalam riwayat lain disebutkan bahwa maksud dari hasanah di dunia adalah keluasan rezeki, keindahan budi pekerti, ilmu dan istri yang solihah. Sementara hasanah di akhirat adalah kerelaan Allah dan meraih surga.

Demikian yang dimaksud dengan kebaikan (hasanah) dalam doa sapu jagad tersebut. []

 


Sumber: https://www.islampos.com/inilah-makna-hasanah-dalam-doa-sapu-jagat-72078/

Tags