FIQIH, Doa & Dzikir — Sat 19 Jumada Al Akhira 1438AH 18-3-2017AD at 14:59

Inilah Doa yang Harus Diamalkan Ketika Seorang Muslim Melihat Hilal

by
Inilah Doa yang Harus Diamalkan Ketika Seorang Muslim Melihat Hilal

 

Sebagaimana kita tahu, bahwa satu-satunya cara syar’i untuk penetapan bulan Ramadhan – dan bulan-bulan qamariyyah lainnya – adalah dengan cara ru`yatul hilal. Ini merupakan perintah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, cara dan kebiasaan beliau, dan cara yang senantiasa dijalankan oleh para khalifah sepeninggal beliau.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam mengajarkan umatnya ketika melihat hilal (bulan sabit) sebagai pertanda masuknya awal bulan Qamariyah untuk berdoa, Al-Imam An-Nawawy menyebutkan di dalam Al-Adzkar bab Maa Yaqulu Idza Raa Al-Hilal doa ini,

Dari Thalhah bin Ubaidillah Radhiyallahu ‘Anhu, bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam apabila melihat hilal beliau berucap:

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالْإِيمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ

Allaahumma Ahillahu ‘Alainaa Bilyumni Wali imaani Wassalaamati Wal islaami, Rabbii Wa Rabbukallaah

“Ya Allah, perjalankanlah bulan ini kepada kami dengan penuh kebajikan, iman, selamat dan Islam. Rabb-ku dan Robb-mu (bulan) adalah Allah.” (Sunan Tirmidzi 3451, Musnad Darimi: 1688)

Namun ada yang harus diperhatikan bahwa doa ini tidak hanya diucapkan ketika melihat hilal Ramadhan, namun disunahkan juga pada bulan Qamariyah lainnya, Syaikh Shalih Al-Fauzan pernah ditanya tentang masalah ini,

Soal:

“Adakah doa-doa khusus dari Sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam (yang dibaca) ketika masuk bulan Ramadhan yang penuh berkah ? Doa apakah yang wajib di baca oleh seorang muslim pada malam pertama bulan ramadhan ? Berilah kami jawaban, semoga Allah memberkati anda”.

Jawab :

Saya tidak mengetahui adanya doa khusus yang dibaca ketika masuk bulan Ramadhan. Yang ada hanyalah doa umum untuk seluruh bulan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam jika kita melihat hilal (bulan sabit tanggal satu), baik hilal ramadhan ataupun bulan-bulan yang lain, beliau berdoa : “Ya Allah, terbitkanlah (dan tampakkanlah) hilal kepada kami (diiringi) dengan keberkahan dan keimanan serta keselamatan dan keislaman, (jadikanlah dia) sebagai hilal kebaikan dan petunjuk, Rabku dan Rabmu adalah Allah.”

Doa ini dibaca ketika melihat hilal di bulan Ramadhan atau bulan-bulan lainnya. Adapun kekhususan membaca doa-doa tertentu ketika masuk bulan ramadhan, saya tidak mengetahui adanya yang seperti itu. Akan tetapi kalau seorang muslim berdoa kepada Allah agar membantunya menjalankan puasa di bulan itu dan menerima puasanya, maka tidaklah mengapa. Hanya saja, dia tidak boleh menentukan (doa-doa tertentu sebagai) doa-doa khusus (untuk bulan Ramadhan). (AL-Muntaqa min fataawa Al-Fauzan no 422). Wallahu A’lam…


Sumber: http://www.panjimas.com/kajian/2016/06/05/doa-melihat-hilal/