Smarteen, MUSLIMAH — Thu 2 Safar 1443AH 9-9-2021AD at 16:02

Ingin Bahagia? Ikuti 7 Langkah Ini

by
Ingin Bahagia? Ikuti 7 Langkah Ini

Kebahagiaan adalah sesuatu yang diinginkan setiap manusia. Baik dia muslim ataupun non muslim. Namun, Islam telah mengajarkan bagaimana cara agar manusia dapat bahagia dalam hidupnya. Inilah kesempurnaan Islam diatas agama yang lain.
Setiap orang ingin bahagia, bukan? Pastinya. Karna itu fithrah manusia. Kalo ada orang yang nggak kepengin bahagia, ya kalo nggak bohong ya nggak waras alias sakit jiwa. Hehehe…

Hayo ngaku, kamu pengin bahagia, nggak? Sampai kapan, sampai tua? Sampai di akhirat juga? Beneran? Alhamdulillah, kalo kamu jawab iya, berarti normal, nggak perlu dibawa ke pasikiater. Kwkwkwkwk…

Tapi, meski orang pada ngerinduin kebahagiaan, namun nggak sedikit (kalo nggak boleh dibilang banyak) yang belum ngerti, yang belum kenal, sama sumber-sumber kebahagiaan. Dan jangan-jangan… kamu salah satunya. Haduuuh, bahaya tuh.

Iya, bahaya tuh. Kenapa? Karna kalo kita nggak kenal sama yang namanya sumber kebahagiaan, tapi ngebet banget ngedapetin kebahagiaan itu, jadi deh nyobain hal-hal yang keliru. Hal-hal yang disangkanya bakal datengin rasa bahagia, tapi nyatanya malah sebaliknya. Apa misalnya? Narkoba, miras, pergaulan bebas, dugem, dan… apa lagi ya? Eh, kamu, kan yang lebih tau, lebih pengalaman? Hehehe…

Ah, udah deh ngalor-ngidulnya. Mending kita simak langsung yuk, tujuh hal yang mesti kita cari sampe dapet, karna itulah yang bakal datengin kebahagiaan. Kebahagiaan jangka panjang, dari muda, tua, hingga di akhirat kelak. Insya Allah, aamiin…

  1. QOLBUN SYAKIRUN

    Artinya, hati yang selalu bersyukur. Yaitu selalu mau nerima realita apa adanya (qona’ah), sehingga nggak ada ambisi yang berlebih yang ujung-ujungnya malah bikin stress, bahkan depresi. Ini dia ayat-ayat yang nyebutin hal itu: QS 13:28, 2:152, 16:18, 34:14, 55:13, 14:7)
    Bersyukur itu nikmat, maka kita coba bareng-bareng yuk!

  2. AL-AZWAJU SHALIHAH

    Artinya pasangan hidup yang sholeh/ah. Ayat-ayatnya: QS 51:49, 17:32, 24:32, 24:26. Suami dan istri yang sholeh/ah bakal bikin suasana rumah tangga  yang Islami, penuh ketenteraman, keluarga yang samara. Tau samara, nggak? Ah, nggak gaul banget kalo sampe nggak tau.

  3. AL-AULADUL ABRAR

    Artinya anak sholeh/ah.
    Do’a anak sholeh buat ortunya dijamin dikabulkan sama Allah SWT. So, bahagia dong ortu yang anaknya sholeh/ah. Ayat-ayatnya: QS 17:23, 31:14, 46:15, 29:8, 25:74.

  4. AL-BAIATU SHOLIHAH

    Artinya adalah lingkungan yang kondusif buat jagain iman kita untuk selalu istiqomah.
    Rasulullah SAW udah nasihatin kita agar gaulnya orang-orang sholeh, karna mereka bakal ngajakin kita pada kebaikan dan ngingetin kalo kita salah. Ini dia ayat-ayatnya: QS 4:69, 51:55, 26:214, 5:2.

  5. AL-MALUL HALAL

    Artinya adalah harta yang halal.
    Bukan banyaknya harta tapi halalnya harta yang bikin kita bahagia. Buat apa harta banyak kalo nggak halal? Karna pastinya nggak akan barokah. Harta yang halal bikin setan jauh dari hati. Hati jadi bersih, suci, dan kokoh, sehingga ketenangan dalam hidup bakal teraih. So, bahagialah orang yang selalu dengan teliti jagain kehalalan harta-bendanya. Ayat-ayat soal ini adalah: QS 2:267, 43:36-37, 2:269, 2:155)

  6. TAFAKUH FID-DIEN

    Artinya bersemangat memahami Islamm. Belajar agama kita tambah kenal, memahami, dan pastinya  makin cinta Islam, cinta Allah SWT, cinta Rasul SAW. Kalo udah belajar Islam tapi nggak nambah cintanya, berarti harus dievaluasi diri kita. Pasti ada masalah. Mungkin niat kita yang nggak ikhlash, artinya belajar agama cuman demi untuk dapetin sesuatu yang bersifat duniawi. Nah, kalo udah salah niat ya salah juga yang didapet. Kalo niat udah bener ikhlash ingin nyari kebenaran guna bikin baik kehidupan, yang ujung-ujungnya adalah demi ridho Allah SWT, insya Allah bakal Allah tunjukkan jalan, jalan cinta kepadaNya. Dan cinta inilah yang bakal jadi cahaya bagi hatinya. Ayat-ayatnya: QS 45:20, 3:138, 5:16, 4:174, 2:269)

  7. UMUR YANG BAROKAH

    Artinya umur yang makin tua makin sholeh. Tiap hela nafas diisi dengan amal sholih dengan niat ibadah hanya pada Allah SWT. Kian tua kian ingin selalu dekat denganNya. Inilah semangat hidup orang-orang yang barokah umurnya. Ayat-ayat yang menyebut perihal ini adalah: QS 2:96, 35:37, 36:68, 225.

Nah, udah ya. Nggak butuh ocehan ngalor-ngidul lagi, kan? Okey, selamat bertafakkur! Wallahu a’lam bishshowab.

Sumber:http://www.panjimas.com/muslimah/2016/04/06/ini-dia-tujuh-sumber-kebahagiaan-yang-mesti-kamu-tau/

Judul Asli: Ini dia tujuh sumber kebahagaian yang mesti kamu tau

Tags