TANYA-JAWAB, FIQH — Tue 4 Safar 1439AH 24-10-2017AD at 23:17

Edisi Tanya-Jawab: Apakah Jilbab yang Dikenakan Kebanyakan Wanita Sekarang adalah Syar’i?

by
Edisi Tanya-Jawab: Apakah Jilbab yang Dikenakan Kebanyakan Wanita Sekarang adalah Syar’i?

Permasalahan hijab syar’i telah menjadi perbincangan hangat dikalangan kaum hawa…

Pertanyaan:

Dari Al-Akh Fuad Hamzah, Pembaca Islamkafah.com

Assalamualaikum. Afwan, saya mau bertanya perihal jilbab. Apakah jilbab yang dipakai oleh kebanyakan wanita jaman sekarang adalah benar sesuai syar’i? (Karena adik saya mengenakkannya) Dan, saya sering melihat wanita mengenakan hijab yang besar, bahkan dengan cadar. Dari hal ini, mana yang benar? Agar saya bisa menasihati adik saya. Jazakumullahu khairan.

Jawaban:

Dijawab oleh Al-Akh Andana Syahran, Redaksi Islamkafah.com

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

الحمد لله و الصلاة و السلام على رسول الله وعلى اله وصحبه اجمعين، اما بعد

Teruntuk akh Fuad yang semoga selalu dijaga kemurnian Tauhidnya oleh Allah azza wa jalla. Perlu kita pahami bahwa ketika seseorang melakukan suatu ibadah dan perintah dari Allah azza wa jalla hal ini tentu ada cara, syarat, dan rukun yang harus kita pahami terlebih dahulu.

Terkait permasalahan mengenakan jilbab, maka hukumnya adalah wajib bagi seorang muslimah. Dan, barang siapa yang enggan dengan berbagai alasan maka dia telah melakukan sebuah dosa yang tentunya jika semakin lama dia menumpuk dosanya, maka dosa besar akan berpotensi menjadi dosa besar.

Biasanya wanita yang enggan berhijab akan sering terjatuh kepada bentuk istihlal atau penghalalan terhadap kemaksiatannya dengan dalih “Belum dapat hidayah”, kemudian “Hatinya di-jilbab-in dulu”, dan berbagai macam alasan classic lainnya. Tentu, jika ia melakukan praktik membuka aurat yang tidak pada tempatnya itu di dasari bentuk istihlal atau penghalalalan, maka dia telah kufur kepada Allah, dan wajib baginya bertaubat kemudian mengucapkan kembali syahadatnya.

Karena menghalalkan sesuatu yang haram, adalah kekafiran yang nyata berdasarkan ijma’ para fuqoha.

Thayyib. Kembali ke permasalahan pertanyaan dari akh-Fuad. Yakni, apakah jilbab kebanyakan gadis-gadis yang ber-sliweran di jalanan kota dan desa-desa itu syar’i atau tidak?

Maka, jawabannya adalah tergantung dengan apa yang anda lihat, wahai akhi. Jika yang anda lihat adalah hijab yang besar yang menutupi seluruh tubuh, dada dan mukanya, maka ia adalah hijab yang syar’i. Namun, jika tidak memenuhi hal tersebut, dia bukanlah hijab yang syar’i.

Kemudian yang perlu diperhatikan dari 3 point diatas adalah permasalahan tentang pakaian yang tidak menyerupai orang-orang kafir dan musyrik. Kemudian bukan pakaian syuhroh dan tidak memancing perhatian lawan jenis, mungkin dari segi warna mencolok, atau banyak hiasan motif dan pernak-perniknya.

Sehingga, akhy Fuad. Jika, anda melihat wanita yang tidak mengenakan pakaian seperti yang kami terangkan, maka dia sedang tidak mengenakkan hijab yang syar’i dan tentunya ketika suatu hijab tidak syar’i maka ia tidak mendapatkan pahala apapun kecuali hanya dosa dan dosa saja. Waiyyadubillahi.

Allah azza wa jalla, berfirman:

Artinya: “Katakanlah kepada wanita-wanita beriman: ‘Hendaklah mereka menahan pandangan mereka, dan memelihara kemaluan mereka, dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka kecuali yang (biasa) nampak daripadanya.’” (Qs. An-Nuur: 31)

Dan firman-Nya,

Artinya: “Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, ‘Hendaklah mereka menjulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenali, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Qs. Al-Ahzaab: 59).

Dan, jilbab yang dimaksud dalam ayat Al-Ahzab diatas menurut banyak tafsir dari para mufasirin adalah segala sesuatu yang menutupi seluruh tubuh, dada, dan wajah mereka.

Semoga yang sedikit ini bermanfaat untuk akh penanya (Fuad) dan pembaca setia Islamkafah.com dan seluruh kaum muslimin.

Wallahu A’lam. (aus) []


‼️‼️ Woro-Woro (Perhatian) ‼️‼️

Assalamualaikum, sahabat Islamkafah.com yang semoga selalu dijaga kemurnian Tauhidnya oleh Allah azza wa jalla. Mulai sekarang, Redaksi Islamkafah.com telah membuka ruang bagi para sahabat pembaca situs Islamkafah.com untuk berbagi tulisan dan memberikan pertanyaan seputar ke-Islaman yang in shaa Allah tentunya akan kami tayangkan dengan point berikut ini:

1. Silahkan anda menghubungi salah satu akun admin sosmed kami dibawah ini sesuai minat anda:

a. Telegram = @Islamkafah_admin.
b. BBM = DE4D2179
c. Email = [email protected]
d. Line = 0813 9356 3847
e. What’s App = 0813 9356 3847

(Catatan: Tidak menerima SMS maupun Telephone)

2. Di akun admin kami, silahkan anda memberikan sebuah pertanyaan ke-Islaman baik seputar Aqidah, Tauhid, Akhlaq, Adab, Jihad, Fiqh, Muamalah, dan lain sebagainya.

3. Anda pun juga bisa mengirimkan tulisan terbaik anda ke redaksi kami melalui akun-akun tim sosmed kami.

Nb: Jika pertanyaan atau tulisan anda menarik, maka akan kami muat di situs www.islamkafah.com (Non Komersial) dan akan kami sebarkan di Channel Telegram @Islam_Kafah kemudian Akun Fanpage @IslamKafahClub maupun Twitter kami di @Islam_Kafah. Tentunya semua ini akan bisa menjadi ladang dakwah untuk anda, bukan?

Ayo, tunggu apa lagi! Silahkan hubungi kami sekarang juga!

Barakallahu fiikum…

Ttd,

Redaksi IslamKafah.Com