Ibadah, FIQIH, Doa & Dzikir — Wed 12 Safar 1439AH 1-11-2017AD at 12:19

Doa Tidak Langsung Dikabulkan? Inilah Jawabannya!

by
Doa Tidak Langsung Dikabulkan? Inilah Jawabannya!

Inilah sikap yang tepat ketika doa tidak segera dikabulkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala…

Islamkafah.com – Ikhwah Fiddin, ketika kita berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dan belum dikabulkan, sesungguhnya Allah telah memberikan kebaikan yang kita tidak sadar. Maka, sebelum kita kecewa atau putus asa, maka hendaklah bersabar. Sesungguhnya Allah tidaklah mungkin meninggalkan seorang yang muwahid lagi bertauhid.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS. Ghaafir: 60)

Dalam ayat diatas, jelas Allah telah memerintahkan kepada kita untuk selalu berdoa kepadaNya dan pasti akan dikabulkan. Tentu, enggan berdoa adalah sikap sombong dan merupakan sikap yang dibenci oleh Allah azza wa jalla.

Selain itu, ketika doa kita tidak dikabulkan oleh Allah dalam waktu dekat. Maka, jawabannya adalah sesuai dalam hadits berikut ini:

Dari Abu Sa’id Al-Khudri Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُو بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيهَا إِثْمٌ وَلَا قَطِيعَةُ رَحِمٍ إِلَّا أَعْطَاهُ اللَّهُ بِهَا إِحْدَى ثَلَاثٍ : إِمَّا أَنْ تُعَجَّلَ لَهُ دَعْوَتُهُ ، وَإِمَّا أَنْ يَدَّخِرَهَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ ، وَإِمَّا أَنْ يَصْرِفَ عَنْهُ مِنْ السُّوءِ مِثْلَهَا

Tidaklah seorang muslim memanjatkan satu doa yang tidak mengandung dosa dan pemutusan silaturahim kecuali Allah memberinya salah satu dari tiga perkara: doanya tersebut dikabulkan segera, disimpan untuk nya di akhirat, atau dirinya akan dijauhkan dari keburukan yang senilai dengan permohonan yang dipintanya.” (HR. Ahmad dan dishahihkan Al-Hakim).

Hadits diatas menjelaskan bahwa bisa jadi doa kita diganti akan dijaukannya keburukan yang akan menimpa kita, maka itu adalah sebuah kebaikan yang tiada tara.

Barakallahu fiikum. (raf) []