Ibadah, FIQIH, Doa & Dzikir — Sat 10 Jumada Al Oula 1439AH 27-1-2018AD at 23:44

Dalam Berdoa, Maka Penuhilah Akhlaq dan Adabnya!

by
Dalam Berdoa, Maka Penuhilah Akhlaq dan Adabnya!

Sudahah anda menjaga akhlaq dan adab dalam beribadah dan berdoa kepada Allah azza wa jalla….

Islamkafah.com – Ikhwah fillah, dalam berdoa kepada Allah subhanahu wa ta’ala tentu diperlukan ilmu untuk melakukannya. Dan, kini banyak diatara manusia yang tidak mengetahui hakikat ilmu tentang berdoa kepada Tuhannya. Padahal, berdoa kepada Allah adalah kebutuhan pokok yang paling pokok.

Apabila seorang muslim berdoa, hendaklah ia memohon kepada Allah dengan ikhlas, penuh harap dan juga cemas. Serta menjaga adab dan akhlaq dalam melaksanakannya.

Allah Subahanahu wa Ta’ala berfirman:

وَاذْكُر رَّبَّكَ فِى نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِيفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَالْأَاصَالِ وَلَا تَكُنْ مِّنَ الْغٰفِلِينَ

Dan ingatlah Tuhanmu dalam hatimu dengan rendah hati dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, pada waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lengah.” (QS. Al-A’raf: 205)

Dalam ayat ini Allah menjelaskan bahwa berdoa wajib dengan kerendahan hati, rasa takut, dan tidak mengerasakan suara kita. Hal ini dikarenakan, Allah azza wa jalla adalah Tuhan Yang Maha Mendengar. Bahkan, suara hati kita pun Allah pasti mengetahui dengan Ilmu-Nya.

Barakallahu fiikum. (Asdn) []