Ibadah, Puasa, Hikmah — Tue 5 Ramadan 1441AH 28-4-2020AD at 15:46

Bau Mulut Orang Yang Berpuasa Di Sisi Allah

by
bau mulut

 

IslamKafah.com – Alhamdulillah tak terasa hampir satu Minggu kita berpuasa. Yuk kita simak Hadits Rasulullah tentang bau mulut orang yang berpuasa wangi di sisi Allah daripada minyak kasturi..

Rasulullah shallallahualaihi wa sallam bersabda,

لخلوف فم الصائم أطيب عند الله يوم القيامة من ريح المسك

“Sungguh Bau mulut orang yang berpuasa itu lebih wangi di sisi Allah pada hari kiamat dari pada bau minyak wangi.” (HR Bukhari dan Muslim)

Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rahimahullah menerangkan,

“Bau mulutnya orang yang puasa, di sisi Allah lebih wangi dari wanginya minyak Kasturi. Karena bau tersebut muncul disebabkan ibadah dan taat kepada Allah. Setiap kondisi yang muncul karena sebab ibadah kepada Allah dan taat kepada-Nya, itu dicintai oleh Allah..”

Namun tetap kita juga harus menjaga agar bau mulut kita tetap segar dengan cara menggosok gigi atau berkumur dengan obat yang dapat membantu menghilangkannya.

Jangan sampai kita menzalimi orang lain karena bau mulut kita, karena hal itu juga dilarang oleh agama, hendaknya kita menjaga agar orang lain tetap nyaman berada di dekat kita meskipun kita sedang berpuasa dengan cara tidak mengarahkan nafas kita langsung ke arah lawan bicara.

Semoga kita tetap semangat untuk terus menjalankan ibadah puasa Ramadhan ini agar kita menjadi orang yang bertaqwa kepada Allah azza wa jalla.