TANYA-JAWAB, FIQH — Tue 4 Safar 1439AH 24-10-2017AD at 23:43

Edisi Tanya-Jawab: Wajibkah Seorang Muslimah Mengenakan Kaos Kaki?

by
Edisi Tanya-Jawab: Wajibkah Seorang Muslimah Mengenakan Kaos Kaki?

Kaos kaki bagi wanita, wajibkah dipakai atau tidak? Akan dijawaboleh tim penulis akhwat kami dalam artikel spesial tanya jawab kali ini…

Pertanyaan:

Dari Ukhti Frida di Bandung, Pembaca Islamkafah.com via email: [email protected]

Mau tanya tentang kaos kaki. Apakah seorang wanita wajib mengenakan kaos kaki? Soalnya saya sendiri, teman-teman, dan kebanyakan cewek yang saya lihat meski berkuerudung tidak pakai kaos kaki. Tolong dijelaskan, ya?

Jawaban:

Dijawab oleh Ukhti Anisa Marnida, Redaksi Islamkafah.com

الحمد لله و الصلاة و السلام على رسول الله وعلى اله وصحبه اجمعين، اما بعد

Ukht Frida yang semoga selalu dijaga kemurniaan Tauhidnya oleh Allah azza wa jalla. Berkaitan tentang kaos kaki yang anda tanyakan, maka jawabanya adalah wajib bagi kita para muslimah untuk mengenakkanya. Dalil-dalilny adalah berikut ini:

Allah ta’ala juga berfirman:

يَآأَيُّهَا النَّبِيُّ قُل لأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَآءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلاَبِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَن يُعْرَفْنَ فَلاَ يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللهُ غَفُورًا رَّحِيمًا

Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. Al Ahzab: 59)

Kemudian, firman Allah Ta’ala:

وَلاَ يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَايُخْفِينَ مِن زِينَتِهِنَّ

dan janganlah mereka memukulkan kaki mereka agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan.” (QS. An Nur: 31)

Selain itu, permasalahan ini akan para ulama salaf telah berpendapat banyak. Yakni:

Asy Syarwani berkata:

وعورة بالنسبة لنظر الأجانب إليها : جميع بدنها حتى الوجه والكفين على المعتمد

“aurat wanita terhadap pandangan lelaki ajnabi, yaitu seluruh tubuh termasuk wajah dan telapak tangan, menurut pendapat yang mu’tamad” (Hasyiah Asy Syarwani ‘Ala Tuhfatul Muhtaaj, 2/112)

Imam Ahmad bin Hambal berkata:

كل شيء منها ــ أي من المرأة الحرة ــ عورة حتى الظفر

“Setiap bagian tubuh wanita adalah aurat, termasuk pula kukunya” (Dinukil dalam Zaadul Masiir, 6/31)

Dari dail-dalil dan penjelasan para Ulama Salaf, maka kami simpulkan bahwa mengenakan kaos kaki bagi muslimah adalah wajib, dan apabila meninggalkannya karena malas maka dia termasuk maksiat dan berdosa. Adapun menghalalkan meninggalkan kaos kaki adalah kekufuran.

Selain itu, ketika muslimah mengenakan hijab syar’i lengkap dengan cadarnya, akan tetapi tidak mengenakan kaos kaki. Kami kurang memahami apakah ia tetap mendapat pahala dari itu, kemudian mendapat dosa dari tidak mengenakan kaos kakinya. Ataukah tidak mendapatkan pahala sama sekali, malah mendapat dosa.

Namun, yang paling rajih in shaa Allah adalah wanita itu mendapatkan dosa dan tidak mendapat pahala karena syarat dan rukun hijabnya tidak terpenuhi. Yakni, menutup seluruh tubuh. Jika ada bagian dari tubuh yang tidak ditutup, maka ia bukan termasuk hijab syar’i dan pelakunya terkena dosa, dan wajib bertaubat.

Wallahu ‘alam. (amdn) []


‼️‼️ Woro-Woro (Perhatian) ‼️‼️

Assalamualaikum, sahabat Islamkafah.com yang semoga selalu dijaga kemurnian Tauhidnya oleh Allah azza wa jalla. Mulai sekarang, Redaksi Islamkafah.com telah membuka ruang bagi para sahabat pembaca situs Islamkafah.com untuk berbagi tulisan dan atau memberikan pertanyaan seputar ke-Islaman yang in shaa Allah tentunya akan kami tayangkan dengan catatan-catatan berikut ini:

1. Silahkan anda menghubungi salah satu akun admin kami dibawah ini sesuai minat anda:

a. Telegram = @Islamkafah_admin.
b. BBM = DE4D2179
c. Email = [email protected] (Khusus Akhwat hubungi kami via-Email)
d. Line = 0813 9356 3847
e. What’s App = 0813 9356 3847

(Tidak menerima SMS maupun Telephone)

2. Di akun admin kami, silahkan anda memberikan sebuah pertanyaan ke-Islaman baik seputar Aqidah, Tauhid, Akhlaq, Adab, Jihad, Fiqh, Muamalah, dan lain sebagainya.

3. Anda pun juga bisa mengirimkan tulisan terbaik anda ke redaksi kami melalui akun-akun tim sosmed kami.

Nb:

  1. Pertanyaan dari Ikhwan akan dijawab oleh tim Ikhwan, dan pertanyaan dari Akhwat akan dijawab oleh tim akhwat kami
  2. Semua tim penulis kami bekerja di tempat masing-masing untuk menghindari ikhtilat yang diharamkan dalam syari’at.
  3. Jika pertanyaan atau tulisan anda menarik, maka akan kami muat di situs www.islamkafah.com (Non Komersial) dan akan kami sebarkan di Channel Telegram @Islam_Kafah kemudian Akun Fanpage @IslamKafahClub maupun Twitter kami di @Islam_Kafah. Tentunya semua ini akan bisa menjadi ladang dakwah untuk anda, bukan?

Ayo, tunggu apa lagi! Silahkan hubungi kami sekarang juga!

Barakallahu fiikum…

Ttd,

Redaksi IslamKafah.Com