Konsultasi Agama, FIQIH — Sun 12 Rabi Al Awwal 1438AH 11-12-2016AD at 02:41

3 Hari Tidak Dibacakan Surat Al-Baqarah, Rumah Dimasuki Syetan?

by
3 Hari Tidak Dibacakan Surat Al-Baqarah, Rumah Dimasuki Syetan?

“Jangan kalian jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan. Sesungguhnya syetan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.” (HR. Muslim, no. 780)…

Soal:

Assalamu ‘Alaikum,, Pak Ustad, saya mau tanya. Katanya, rumah yang tidak hari tidak dibacakan surat Al-Baqarah maka dimasukin syetan. Apakah itu satu surat penuh ataukah sebagiannya, missal: ayat 1-5 / ayat kursi /2 ayat terakhir. Mohon penjelasannya.

Jawab:

Wa’alaikum Salam. . . saudaraku yang dirahmati Allah. Sebelumnya, kami memuji Allah & bershalawat atas Rasulullah –Shallallahu ‘Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Tidak ada keterangan shahih bahwa rumah yang di dalamnya tidak dibacakan surat Al-Baqarah selama tiga hari maka dimasuki syetan. Keterangan yang termaktub dalam hadits shahih, rumah yang didalamnya dibacakan surat Al-Baqarah maka syetan akan lari darinya.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنْ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

Jangan kalian jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan. Sesungguhnya syetan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.” (HR. Muslim, no. 780)

Dari Abu Umamah al-Bahili Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

اقْرَءُوا سُورَةَ الْبَقَرَةِ فَإِنَّ أَخْذَهَا بَرَكَةٌ وَتَرْكَهَا حَسْرَةٌ وَلَا تَسْتَطِيعُهَا الْبَطَلَةُ

Bacalah surat Al-Baqarah, sesungguhnya mengambilnya itu barakah, meninggalkannya adalah kerugian. Sihir tidak mampu mengalahkannya.” (HR. Muslim)

Lalu bagaimana mempraktekkan hadits di atas? Apakah keutamaan tersebut diraih dengan membaca keseluruhannya, ataukah bisa sebagiannya?

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mengabarkan tentang keutamaan surat Al-Baqarah yang agung secara keseluruhan. Beliau juga menjelaskan keutamaan sebagian ayat-ayatnya, seperti: ayat kursi dan dua ayat terakhirnya. Tentang keutamaan dan faidahnya yang membuat syetan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya, melindungi dari sihir serta mengobatinya datang secara umum. Berarti, tidak disyaratkan harus dibaca seluruhnya dalam satu waktu. Berarti surat ini boleh dibaca sebagiannya dulu lalu dilanjutkan di waktu lain. Walaupun dibaca seluruhnya dalam satu waktu itu lebih utama. Wallahu A’lam.


Sumber : http://www.voa-islam.com/read/konsultasi-agama/2014/03/12/29476/3-hari-tidak-dibacakan-surat-albaqarah-rumah-dimasuki-syetan/#sthash.AqfTcXPG.dpuf