Ibadah, FIQIH — March 27, 2018 at 18:57

Ihsan Merupakan Dasar Ajaran Islam yang Agung dan Mulia

by
Ihsan Merupakan Dasar Ajaran Islam yang Agung dan Mulia

“Sungguh, yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa.” (QS. Al-Hujurat: 13)…

Sesungguhnya syariat Islam sangat memperhatikan semua kebutuhan manusia, baik yang berkaitan dengan kemaslahatan pribadinya maupun lingkungan sosial tempat tinggalnya, tanpa membeda-bedakan ras, warna kulit, jenis kelamin ataupun status sosialnya.

Sebab, yang menjadi pembeda antara seorang muslim dengan yang lainnya hanyalah satu yaitu ketakwaannya. Berdasarkan ketakwaan inilah seorang akan mendapatkan kemuliaan atau kehinaan. Sebagaimana firman Allah Ta’ala,

إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللهِ أَتْقَاكُمْ

“Sungguh, yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa.” (QS. Al-Hujurat: 13).

Di antara hal-hal yang bisa dijadikan sebagai petunjuk atau tanda-tanda ketakwaan seseorang adalah perilaku dan tindak-tanduknya yang baik terhadap siapa saja dan dalam segala hal.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallamsangat memperhatikan masalah ini, hal itu jelas sekali terlihat dalam setiap perintah, larangan, perbuatan, ucapan dan ketetapannya sebagai penguat atas apa yang terdapat dalam Al-Qur`an.

Allah Ta’ala memerintahkan untuk berbuat ihsan (baik) dalam firman-Nya,

إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

“Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.” (QS. An-Nahl: 90)

Ibnu Mas’ud Radhiyallahu Anhu berkata, “Ayat ini merupakan ayat yang paling sempurna dalam Al-Qur`an, yang menerangkan semua kebaikan yang harus diamalkan dan kejahatan yang harus dijauhi.”

Kenapa harus berbuat baik?

Alasan utama kenapa kita harus berlaku ihsan (baik) adalah karena hal itu telah diperintahkan Allah Ta’ala dalam Al-Qur`an.

Di antara firman Allah yang memerintahkan untuk berbuat ihsan, seperti yang ditulis Prof. Dr. Falih Ash-Shughayyir dalam kitabnya, adalah sebagai berikut:

1. Allah memerintahkan untuk berbuat baik, sebab Dia mencintai orang yang berbuat baik,

وَأَحْسِنُوا إِنَّ اللهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ

Dan berbuat baiklah. Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al Baqarah: 195).

2. Ihsan merupakan kedudukan tertinggi dalam berhubungan dengan Allah dan makhluk-Nya. Sehingga, banyak sekali dalil dalam Al-Qur`an maupun hadits yang menunjukkan pada hal tersebut.

Di antaranya firman Allah Ta’ala,

إِنَّ اللهَ مَعَ الَّذِيْنَ اتَّقَوْا وَالَّذِيْنَ هُمْ مُحْسِنُوْنَ

“Sungguh, Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan.” (QS. An-Nahl: 128).

Wallahu a’lam.

 


Sumber : http://bersamadakwah.net/ihsan-merupakan-dasar-ajaran-islam-yang-agung/