Muamalah, FIQIH — February 14, 2018 at 23:36

Hukuman Bagi Mereka yang Menuduh Berzina Adalah Sebanyak 40 Kali Cambukan

by
Hukuman Bagi Mereka yang Menuduh Berzina Adalah Sebanyak 40 Kali Cambukan

Kehormatan seorang muslim adalah haram atas kaum muslimin lainnya, maka jika seseorang menuduh saudarany berzina ia wajib mendatangkan 4 saksi, atau ia akan terkena 40 cambukan di punggungnya……

 

Islamkafah.com – Perzinahaan adalah sebuah perkara yang menjijikkan dan sebuah jalan yang buruk dan hina. Dan, apabila seorang muslim berzina, hukumannya ada disalah satu diantara rajam (Hukuman mati) atau dijilid/didera sesuai dengan status pernikahannya.

Maka dari itu, seorang muslim diharamkan menuduh berzina seorang muslim yang lainnya tanpa memberikan suatupun bukti. Yakni bukti yang sah dalam Islam adalah mendatangkan empat orang saksi.

Namun, apabila ia hanya mendatangkan kurang dari empat saksi, misalnya ia mendatangkan tiga orang saksi, jelas dirinya dianggap telah berdusta lantaran tidak sah kesaksiannya. Ini adalah hukum Allah yang sangat mulia, dan orang tersebut (Yang menuduh dan tidak membawa empat saksi) maka ia dihatuhi hukuman 40 kali cambukan sebagaimana hadits dibawah ini:

   َوَهُوَ فِي اَلْبُخَارِيِّ نَحْوُهُ مِنْ حَدِيثِ اِبْنِ عَبَّاسٍ. – وَعَنْ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ عَامِرٍ بْنِ رَبِيعَةَ قَالَ: ( لَقَدْ أَدْرَكَتُ أَبَا بَكْرٍ, وَعُمَرَ, وَعُثْمَانَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمْ, وَمِنْ بَعْدَهُمْ, فَلَمْ أَرَهُمْ يَضْرِبُونَ اَلْمَمْلُوكَ فِي اَلْقَذْفِ إِلَّا أَرْبَعِينَ )  رَوَاهُ مَالِكٌ, وَالثَّوْرِيُّ فِي جَامِعِهِ

Dalam kitab Bukhari ada hadits serupa dari Ibnu Abbas r.a, Abdullah Ibnu Amir Ibnu Rabi’ah berkata: Aku telah mengalami masa khalifah Abu Bakar, Umar, Utsman dan setelahnya, namun aku tidak melihat mereka mencambuk hamba karena menuduh (berbuat zina) kecuali dengan empat puluh cambukan. (Riwayat Malik dan Tsauri dalam kitab Jami’nya.)

Semoga sedikit tulisan kami ini dapat bermanfaat untuk seluruh kaum muslimin.

Barakallahu fiikum. (raf) []

%d bloggers like this: