Ibadah, FIQIH — February 15, 2018 at 23:24

Hukum Asal Air Adalah Suci Selama Tidak Ada Dzat yang Mempengaruhi Kesuciannya

by
Hukum Asal Air Adalah Suci Selama Tidak Ada Dzat yang Mempengaruhi Kesuciannya

Mungin ada yang masih belum memahami tentang hukum asal usul air apakah suci atau tidak dan apakah kesucian awalya bersyarat?

 

Islamkafah.comDidalam fiqh Islamiyyah, sesungguhnya asal muasal semua air adalah suci dan mensucikan, kecuali jika ia telah tercampur akan sesuatu yang bisa merubah dzat air itu sendiri dari warna, bau, dan juga rasa.

Pemahaman ini adalah penting untuk kita mengerti, dikarenakan ternyata masih banyak sekali mereka yang belum memahami hakikat ini dan mengatakan air yang suci dan mensucikan harus dengan kadar jumlah tertenu dan air inilah yang hanya bisa digunakan untuk bersuci.

Coba perhatikan hadits dibawah ini:

   وَعَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إنَّ الْمَاءَ طَهُورٌ لَا يُنَجِّسُهُ شَيْءٌ أَخْرَجَهُ الثَّلَاثَةُ وَصَحَّحَهُ أَحْمَدُ

Dari Abu Said Al-Khudry Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Sesungguhnya (hakekat) air adalah suci dan mensucikan, tak ada sesuatu pun yang menajiskannya.” Dikeluarkan oleh Imam Tiga dan dinilai shahih oleh Ahmad.

Semoga sedikit tulisan kami ini dapat bermanfaat untuk seluruh kaum muslimin.

Barakallahu fiikum . (Asdn) []

%d bloggers like this: