Thibbun Nabawi, MIRACLE — August 7, 2017 at 23:59

Hubungan Antara Keimanan dan Kesehatan Jiwa Manusia

by
Hubungan Antara Keimanan dan Kesehatan Jiwa Manusia

para ahli medis mengatakan bahwa kesehatan jasmani sanagt dipengaruhi oleh kesehatan jiwa seseorang, jika seseorang terkena penyakit hati maka itu akan mempengaruhi kesehatan jasmaninya, persoalan ini lebih dipengaruhi oleh tidak seimbanya dimensi lahiriyah dan batiniyah seseorang.

Islamkafah.com – para ahli medis mengatakan bahwa kesehatan jasmani sanagt dipengaruhi oleh kesehatan jiwa seseorang, jika seseorang terkena penyakit hati maka itu akan mempengaruhi kesehatan jasmaninya, persoalan ini lebih dipengaruhi oleh tidak seimbanya dimensi lahiriyah dan batiniyah seseorang.

Ternyata orang yang selalu menjaga ketenangan jiwanya di tengah hiruk-pikuk kehidupan modern akan terhindar dari persoalan medis dan penyakit.

Hubungan ketenangan dan keimana jiwa dapat dianalisis dan dibuktikan secara medis, keterkaitan antara keduanya terbentuk berkat otak manusia yang berfungsi sebagai pengatur dan pengendali seluruh metabolisme tubuh.

Dalam otak manusia terdapat dua sistem syaraf yang mempengaruhi metabolisme tubuh, yaitu syaraf simpatik dan syaraf para simpatik, sistem syaraf ini mengendalikan tugas berbagai organ dan jaringan tubuh seperti mengatur kekuatan detak jantungdang mengatur fungsi serta peran berbagai kelenjar (organ tubuh yang bertugas mengeluarkan enzim atau hormon).

Pusat kendali kedua syaraf ini terdapat pada otak bagian tengah yang disebut Hipotalamus dan terhubung dengan kelenjar Pituari, mesi ukurannya sangat kecil yang tak lebih dari setengah gram, kelenjar Pituari mengatur dan menendalikan kelenjar endrokrin  yang mengatur berbagia fungsi tubuh seperti kelenjar Tyroid, klenjar Suprarenal, kelenjar Testis, kelenjar Ovarium dan lain-lain.

Hubungan antara kinerja kelenjar tersebut dengan kondisi jiwa manusia sangta erat. Rasa gelisah, resah, sedih, atau marah dapat meningkatkan produksi suatu kelenjar yang dapat merusak keseimbangannya, jika kelenjar tertentu menghasilkan hormon terlalu banyak maka akan mengakibatkan rasa sakit karena ketidak seimbangan hormon.

Jika pengaruh kondisi kejiwaan tersebut dibiarkan maka akan menjadi gangguan dan penyakit, seperti asma, gula, darah tinggi dan lain lain.

Obat untuk kegelisahan yang paling mujarab adalah keyakinan kepada Allah dan selalu berzikir, serta melaksanakan seluruh ajaran yang dibawa oleh Rasulullah secara Kafah. (AN)

 

Tags
%d bloggers like this: