Internasional, NEWS — June 30, 2018 at 09:18

Hakim Kanada Gugat Larangan Cadar karena Dianggap Diskriminasi

by
Hakim Kanada Gugat Larangan Cadar karena Dianggap Diskriminasi

Kanada telah melarang penggunaan cadar karena dianggap mengganggu komunikasi serta dianggap dapat menimbulkan masalh kejahatan, padahal niqab merupakan pakaian Muslimah yang disunnahkan.

QUEBEC, KANADA (Islamkafah.com)Kanada telah melarang penggunaan cadar karena dianggap mengganggu komunikasi serta dianggap dapat menimbulkan masalh kejahatan, padahal niqab merupakan pakaian Muslimah yang disunnahkan.

Namun ada seoarng hakim di wilayah Quebec yang menahan pelarangan ini, alasannya karena mendiskriinasikan umat muslim khususnya wanita dan masih dianggap ambigu oleh sebagian hakim.

Hakim Pengadilan Tinggi Quebec Marc-Andre Blanchard menulis dalam putusannya bahwa undang-undang itu muncul di wajahnya untuk melanggar Piagam Hak dan Kebebasan Kanada. Ia menambahkan bahwa hal itu dapat menyebabkan perempuan Muslim mendapatkan kerugian yang tidak dapat diperbaiki seperti dilansir sindonews.com (29/6/18)

Pemerintah Liberal Quebec membela undang-undang itu, dengan mengatakan itu tidak mendiskriminasikan perempuan Muslim dan diperlukan untuk alasan keamanan, identifikasi dan komunikasi. Nama tindakan mengacu pada “netralitas agama” dan “akomodasi berdasarkan agama.”

Selain dari umat muslim banyak juga yang memprotes larangan niqab ini karena dianggap melanggar hak kebebasan beragama, seharusnya setiap warga negara berhak mendapakan kebebasan mengamalkan ajarannya termasuk umat muslim yang minoritas di Kanada. (Abd.N)