TANYA-JAWAB, FIQH — October 24, 2017 at 23:10

Edisi Tanya-Jawab: Apakah Ada Perbedaan Shalat Antara Laki-laki dan Wanita?

by
Edisi Tanya-Jawab: Apakah Ada Perbedaan Shalat Antara Laki-laki dan Wanita?

Shalat wanita apakah sama dengan lelaki? Kali ini, penulis kami dari kalangan akhwat akan menganggapi pertanyaan pembaca Islamkafah.com dari kalangan akhwat pula…

Pertanyaan:

Dari Ukhti Sisca (Pembaca Islamkafah.com)

Assalamualaikum, saya mau bertanya tentang sholat. Apakah sholatnya wanita itu tata caranya berbeda dengan lelaki? Jika, berbeda dimana saja letak perbedaannya. Dan, apabila berjamaah di masjid apakah shafnya juga harus menempel ke sebelahnya, sama seperti laki-laki? Mohon penjelasannya.

Jawaban:

Dijawab oleh Ukhti Sovia Sasandila (Redaksi Islamkafah.com)

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

الحمد لله و الصلاة و السلام على رسول الله وعلى اله وصحبه اجمعين، اما بعد

Menanggapi Ukhti Sisca yang semoga selalu dijaga kemurniaan tauhidnya oleh Allah azza wa jalla. Yang kami ketahui dalam permasalahan ini, wallahu ‘alam. Adalah shalatnya muslimah tidak ada bedanya dengan laki-laki. Hal ini sebagaimana hadits berikut:

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صلُّوا كما رأيتموني أصلّي

“Shalatlah kalian, sebagaimana kalian melihatku salat” (HR. Bukhari).

Dalam hadits shahih diatas tidak dirincikan untuk lelaki bagaimana dan wanita bagaimana. Hanya, kaum muslimin yang tentunya dari kalangan laki-laki dan wanita diperintahkan oleh nabi shallallahu ‘alaihi wassalam untuk mengikuti cara sebagaimana beliau shalat.

Adapun perihal hadits-hadits yang menjelaskan tentang perbedaan di masalah sujud antara lelaki dan wanita adalah hadits yang dhaif dan mursal sehingga tidak bisa dijadikan hujjah dan tidak bisa diamalkan.

Imam Ibrahim An-Nakhai –Rahimahullahu- mengatakan,

تفعل المرأة في الصلاة كما يفعل الرجل

“Seorang wanita mengerjakan shalat sebagaimana yang dilakukan oleh laki-laki” (HR. Bukhari secara muallaq dan disebutkan oleh Ibnu Abi Syaibah dengan sanadnya dalam Al-Mushannaf).

Kemudian masih dikuatkan dengan hadits shahih berikut:

أنها كانت تجلس في صلاتها جلسة الرجل ، وكانت فقيهة

“Ummu Darda duduk ketika shalat sebagaimana duduknya lelaki. Padahal ia adalah seorang ulama wanita”  (Lihat Kitab: At-Tarikh as-Shaghir, Imam Bukhari).

Kemudian, perihal pertanyaan tentang apakah shalat jamaah wanita wajib merapatkan shaf sebagaimana lelaki? Maka, kami katakan jawabanya adalah IYA. Sebagaimana dalil-dalil keumuman diatas.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

سَوُّوا صُفُوفَكُمْ فَإِنَّ تَسْوِيَةَ الصَّفِّ مِنْ تَمَامِ الصَّلاَةِ

Luruskanlah shaf karena lurusnya shaf merupakan bagian dari kesempurnaan shalat.” (HR. Bukhari no. 723 dan Muslim no. 433).

Semoga apa yang sedikit kami jelaskan ini dapat bermanfaat bagi penanya dan seluruh kaum muslimin, khususnya pembaca Islamkafah.com.

Wallahu A’lam. (ssn) []

 


‼️‼️ Woro-Woro (Perhatian) ‼️‼️

Assalamualaikum, sahabat Islamkafah.com yang semoga selalu dijaga kemurnian Tauhidnya oleh Allah azza wa jalla. Mulai sekarang, Redaksi Islamkafah.com telah membuka ruang bagi para sahabat pembaca situs Islamkafah.com untuk berbagi tulisan dan atau memberikan pertanyaan seputar ke-Islaman yang in shaa Allah tentunya akan kami tayangkan dengan catatan-catatan berikut ini:

1. Silahkan anda menghubungi salah satu akun admin kami dibawah ini sesuai minat anda:

a. Telegram = @Islamkafah_admin.
b. BBM = DE4D2179
c. Email = [email protected] (Khusus Akhwat hubungi kami via-Email)
d. Line = 0813 9356 3847
e. What’s App = 0813 9356 3847

(Tidak menerima SMS maupun Telephone)

2. Di akun admin kami, silahkan anda memberikan sebuah pertanyaan ke-Islaman baik seputar Aqidah, Tauhid, Akhlaq, Adab, Jihad, Fiqh, Muamalah, dan lain sebagainya.

3. Anda pun juga bisa mengirimkan tulisan terbaik anda ke redaksi kami melalui akun-akun tim sosmed kami.

Nb:

  1. Pertanyaan dari Ikhwan akan dijawab oleh tim Ikhwan, dan pertanyaan dari Akhwat akan dijawab oleh tim akhwat kami
  2. Semua tim penulis kami bekerja di tempat masing-masing untuk menghindari ikhtilat yang diharamkan dalam syari’at.
  3. Jika pertanyaan atau tulisan anda menarik, maka akan kami muat di situs www.islamkafah.com (Non Komersial) dan akan kami sebarkan di Channel Telegram @Islam_Kafah kemudian Akun Fanpage @IslamKafahClub maupun Twitter kami di @Islam_Kafah. Tentunya semua ini akan bisa menjadi ladang dakwah untuk anda, bukan?

Ayo, tunggu apa lagi! Silahkan hubungi kami sekarang juga!

 

 

Barakallahu fiikum…

Ttd,

Redaksi IslamKafah.Com

%d bloggers like this: