Ibadah, Puasa, Hikmah — Mon 27 Apr 2020AD at 15:34

Dua Kebahagiaan Bagi Orang Yang Berpuasa

by
Dua Kebahagiaan Bagi Orang Yang Berpuasa

 

IslamKafah.com – Berpuasa tidak melulu tentang menahan lapar dan dahaga di siang hari, melainkan juga terdapat kebahagian yang tidak akan dirasakan oleh orang yang tidak menjalankan ibadah berpuasa. Kebahagian tersebut menyenangkan di dunia dan juga di akhirat kelak. Dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu, bahwa Rasulullah saw.,

للصائم فرحتان يفرحهما: إذا أفطر فرح، وإذا لقي ربه فرح بصومه

“Bagi orang berpuasa ada dua kebahagiaan: yaitu kebahagiaan ketika berbuka, dan ketika berjumpa Rabbnya bahagia karena puasanya.” (HR. Bukhari Muslim)

Kebahagian pertama adalah ketika berbuka. Ada perasaan lega ketika kita bisa kuat menahan perihal yang dilarang saat puasa hingga waktu Magrib tiba.

Di samping itu juga rasa syukur yang tak terhingga atas setiap karunia sajian untuk berbuka puasa. Belasan jam lamanya menahan makan dan minum, momentum buka puasa menjadi kebahagiaan tersendiri saat boleh kembali memenuhi kebutuhan perut dan sekitarnya.

Kebahagiaan kedua adalah kebahagian secara ruhaniah, yakni ketika mampu berjumpa dengan Sang Penciptnya sebab puasanya.

Kebahagiaan ini hanya akan dirasakan oleh mereka yang berpuasa secara total. Dalam arti, tidak hanya menahan diri dari perihal yang bisa membatalkan puasa secara fikih semata, melainkan juga menahan lisan dari perkataan jelek, perbuatan buruk, juga hati yang lalai dari-Nya.

Dua kebahagiaan ini merupakan anugerah yang Allah berikan kepada hamba-Nya yang berpuasa sebagai hiburan setelah seharian penuh berpuasa menahan diri dari segala yang membatalkan.

Semoga kita menjadi hamba Allah yang ikut dapat merasakan dua macam kebahagiaan ini dan derajat kita dinaikkan menjadi orang yang bertaqwa kepada Allah.

%d bloggers like this: