KAJIAN, Hikmah — January 13, 2018 at 16:30

Bukti Cinta Pada Nabi adalah dengan Mengamalkan Sunnah-Nya

by
Bukti Cinta Pada Nabi adalah dengan Mengamalkan Sunnah-Nya

Melaksanakan sunnah Nabi adalah bentuk dari cinta kita pada Nabi Muhammad Shallau ‘alaihi wa Sallam, karena beliau merupakan suritauladan bagi kita semua…

Islamkafah.comNabi Muhammad adalah uswah atau suri tauladan bagi kita semua, bahkan disebutkan dalam Al quran bahwa nabi Muhammad menjadi suri tauladan yang baik yang biasa disebut dengan uswah hasanah.

Allah Azza wa Jalla berfirman menjelaskan kaedah yang sangat agung ini dalam firman-Nya:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasûlullâh itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allâh dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allâh [al-Ahzâb/33:21]

Kemudian dalam ayat yang lain Allah berfirman:

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ

Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung (QS. al-Qalam/68:4)

Dari ayat di atas kita sebagai ummat islam harus berprilaku seperti Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam karena dialah panutan atau uswah kita.

Apa yang dilakukan oleh Nabi, kita juga hendaklah mengikutinya, kecuali perkara khusus yang hanya ada pada diri Nabi seperti menikah boleh lebih dari 4 istri, yang seperti itu tidak dapat kita contoh karena itu khusus untuk Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam saja.

Dalam hal ibadah kita wajib sesuai dengan apa yang dicontohkan Nabi, kemudian akhlak dan sunnah Nabi juga perlu kita hidupkan karena kita ummatnya sebagai bukti tanda cinta kita pada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dijelaskan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits Anas bin Malik, beliau berkata:

قَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا بُنَيَّ إِنْ قَدَرْتَ أَنْ تُصْبِحَ وَتُمْسِيَ لَيْسَ فِي قَلْبِكَ غِشٌّ لِأَحَدٍ فَافْعَلْ ثُمَّ قَالَ لِي يَا بُنَيَّ وَذَلِكَ مِنْ سُنَّتِي وَمَنْ أَحْيَا سُنَّتِي فَقَدْ أَحَبَّنِي وَمَنْ أَحَبَّنِي كَانَ مَعِي فِي الْجَنَّةِ

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadaku: “Wahai, anakku! Jika kamu mampu pada pagi sampai sore hari di hatimu tidak ada sifat khianat pada seorangpun, maka perbuatlah,” kemudian beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadaku lagi: “Wahai, anakku! Itu termasuk sunnahku. Dan barangsiapa yang menghidupkan sunnahku, maka ia telah mencintaiku. Dan barangsiapa yang telah mencintaiku, maka aku bersamanya di Surga”.(Tirmizi no 2678)

Mari kita hidupkan sunnah Nabi Muhammad Shallallhu ‘alaih wa sallam sebagi bukti cinta kita serta sebagai aplikasi dari Rasulullah sebagai uswah hasanah. (AN)

%d bloggers like this: