Ibadah, FIQIH — February 16, 2018 at 23:21

Bolehnya Wudhu dan Shalat Mengenakan Sepatu Ketika Kita Sedang Bersafar

by
Bolehnya Wudhu dan Shalat Mengenakan Sepatu Ketika Kita Sedang Bersafar

Inilah kemudahan yang begitu jelas bagi syariat Islam bagi para pemeluknya, dan ini terlihat sekali ketika mereka sedang bersafar…..

 

Islamkafah.com – Shalat adalah salah satu kewajiban dan konsekuensi dari adanya syahadat ayng kita ikarkan kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Barang siapa meninggalkan shalat dengan sengaja maka ia telah kafir dan wajib bertaubat kepada Allah sebelum meninggalnya ia dari dunia.

Diantara syarat sah shalat adalah wudhu. Dan, diantara syarat sah wudhu adalah dengan membasuh kedua kaki. Akan tetapi, hal ini terdapat keringan bagi mereka yang sedang bepergian atau bersafar. Yakni, mereka tidak perlu membasuh kaki mereka. Akan tetapi, yang wajib bagi mereka adalah mengusapkan air kepada bagian atas kedua sepatunya.

Hal ini sebagaimana hadits dibawa ini:

   عَنْ عُمَرَ -مَوْقُوفًا- وعَنْ أَنَسٍ -مَرْفُوعًا- ( إِذَا تَوَضَّأَ أَحَدُكُمْ وَلَبِسَ خُفَّيْهِ فَلْيَمْسَحْ عَلَيْهِمَا وَلْيُصَلِّ فِيهِمَا وَلَا يَخْلَعْهُمَا إِنْ شَاءَ إِلَّا مِنْ جَنَابَةٍ )  أَخْرَجَهُ اَلدَّارَقُطْنِيُّ وَالْحَاكِمُ وَصَحَّحَه

Dari Umar Radliyallaahu ‘anhu secara mauquf dan dari Anas Radliyallaahu ‘anhu secara marfu’: Apabila seseorang di antara kamu berwudlu sedang dia bersepatu maka hendaknya ia mengusap bagian atas keduanya dan sholat dengan mengenakannya tanpa melepasnya jika ia menghendaki kecuali karena jinabat. (Diriwayatkan oleh Daruquthni dan Hakim Hadits shahih menurut Hakim.)

Semoga sedikit tulisan kami ini dapat bermanfaat untuk seluruh kaum muslimin.

Barakallahu fiikum. (Asdn) []

%d bloggers like this: