Tafsir Hadits, KAJIAN — February 12, 2018 at 15:31

Bertaqwalah Kepada Allah Dimana Saja Kita Berada

by
Bertaqwalah Kepada Allah Dimana Saja Kita Berada

Allah maha melihat dan mengetahui segala sesuatu yang ada, oleh karena itu hendaklah kita selalu bertaqwa pada Allah dimana saja kita berada…

 

Islamkafah.com –  Islam merupakan dien yang mengatur segala aspek kehidupan setiap pemeluknya sejak bangun tidur hingga tidur lagi islam memiliki aturannya, bahkan hendak ke kamar mandi islam juga memiliki aturan, dan ini merupakan bentuk ketaqwaan atau keta’atan pada Allah.

Dari Abu Dzar Al Ghifari radhiallahu’anhu, ia berkata: ‘Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

اتق الله حيثما كنت ، وأتبع السيئة الحسنة تمحها، وخالق الناس بخلق حسن

Bertaqwalah kepada Allah dimanapun engkau berada, dan hendaknya setelah melakukan kejelekan engkau melakukan kebaikan yang dapat menghapusnya. Serta bergaulah dengan orang lain dengan akhlak yang baik‘” (HR. Ahmad 21354, Tirmidzi 1987, ia berkata: ‘hadits ini hasan shahih’)

Maksud sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, “Bertakwalah kepada Allah di mana saja engkau berada” adalah bertakwa kepada Allah di manapun berada, baik di tempat sepi maupun di tempat ramai. Bertakwalah di semua situasi dan kondisi. Jangan lah engkau bertakwa ketika berada di tengah-tengah manusia, namun ketika sendiri engkau tidak bertakwa. Sesungguhnya Allah melihat kamu di manapun kamu berada, maka bertakwalah kepada-Nya di manapun kamu berada.

Taqwa juga merupakan implementasi dari seorang mukmin, mukmin berarti orang yang percaya dan taqwa adalah bukti dari kepercayaannya, seorang mukmin yang percaya bahwa Allah maha melihat pasti akan berbuat sesuai dengan apa yang ada dalam syariat islam.

Misal ketika hendak tidur kita diperintahkan untuk berdo’a agar tidak diganggu oleh syaithan dan menjadi nilai ibadah, jika seseorang bertaqwa maka ia akan melakukan hal itu, dan tidak akan pernah ia tinggalkan walau dalam keadaan sulit sekalipun dan dimanapun.

Semoga kita bisa mengmalkan hadits yang maknanya sangatlah dalam ini, sebagai bukti keimanan kita pada Allah. (AN)

%d bloggers like this: