Tafsir Quran, KAJIAN, Hikmah — November 7, 2018 at 12:12

Balasan Bagi Orang yang Melampaui Batas dan Mementingkan Dunia

by
Balasan Bagi Orang yang Melampaui Batas dan Mementingkan Dunia

Setiap perbuatan kita di dunia akan dibalas oleh Allah di akhirat kelak, semakin besar dosa semakin beasr pula siksa yang diterima…

Islamkafah.com – Neraka adalah tempat yang Allah sediakan bagi mereka yang melakukan kemaksiatan dan melakukan kekufuran terhadap Allah dan Rasulnya, padahal Allah telah memberikan peringatan bagi mereka melalui para Rasul tentang azab yang besar (neraka), tetapi itu semua mereka dustakan dan lebih memilih urusan dunia daripada urusan akhirat. Allah berfirman dalam surat An-Naziat ayat 37-39:

فَأَمَّا مَنْ طَغَىٰ وَآثَرَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا فَإِنَّ الْجَحِيمَ هِيَ الْمَأْوَىٰ

Adapun orang yang melampaui batas, dan lebih mengutamakan kehidupan dunia, maka sesungguhnya nerakalah tempat tinggal(nya).

Melampaui batas pada ayat tersebut adalah merujuk pada kisah Fir’aun dan nabi Musa, disebutkan dalam ayat sebelumnya (17-24) bahwa Fir’aun termasuk orang yang melampaui batas (Thagha) maksudnya adalah Fir’aun mengaku sebagai tuhan alam semesta ini padahal Allah lah yang menciptakannya dan membuat aturan untuk dunia ini.

Tetapi dengan sombongnya Fir’aun mengatakan dialah tuhan alam semesta ini dan dia yang memiliki aturan terhadap dunia ini, bukannya takut terhadap mukjizat yang ditunjukkan nabi Musa, Fir’aun malah menantangnya dan mendustakannya.

Jika ada orang yang melampaui batas seperti Fir’aun dan menantang Allah maka ia telah termasuk ke dalam golongan ahli neraka. Zaman ini banyak bermunculan Fir’aun yang sudah dimodifikasi, memang tidak menyebutkan bahwa dialah tuhan, Fir’aun yang macam ini yang perlu kita waspadai hukum Allah yang sudah baku dan paling baik saja mereka katakan tidak pantas, sudah tertinggal jaman, tidak sesuai kearifan lokal, dan lain sebagianya. Mereka itulah para penghuni neraka yang kekal siksaannya.

Selain orang yang melampaui batas ada juga yang masuk neraka karena mementingkan urusan dunia, tergila-gila dengan dunia dan melupakan tujuan akhir kita semua yaitu kampung akhirat, padahal kita hidup di dunia ni adalah tempat mencari tiket menuju surga, tiket masuk surga itu sangat mahal dan hanya sedikit, kita perlu bersaing untuk mendapatkan tiket masuk surga, perlu berkorban untuk masuk surga.

Dalam surat Adl-Dluha ayat 4 allah berfirman :

وَلَلْآخِرَةُ خَيْرٌ لَكَ مِنَ الْأُولَىٰ

Dan sesungguhnya hari kemudian itu lebih baik bagimu daripada yang sekarang (permulaan).

Kejarlah akhirat karena kehidupan akhirat adalah lebih baik bagi kita dari pada kehidupan dunia yang fana ini, kita boleh mengejar dunia dengan tujuan untuk menopang urusan akhirat kita agar kita memiliki lebih banyak kesempatan untuk berbuat kebaikan yang akan menjadi tiket kita masuk surga. (Abd.N)

%d bloggers like this: