Ibadah, FIQIH — February 17, 2018 at 23:11

Apakah Wudhu Seseorang Batal ketika Memakan Daging Kambing dan Daging Unta

by
Apakah Wudhu Seseorang Batal ketika Memakan Daging Kambing dan Daging Unta

Keadaan miris masyarakat adalah masih sangat banyak yang menganggap bahwa makan adalah salah satu sebab pembatal wudhu…..

 

Islamkafah.comKetahuilah bahwa sesungguhnya, makan pada dasarnya bukanlah sebab dari salah satu pembatal wudhu, kecuali memakanan sesuatu yang memang ada dalil tentang itu sebagai pembatal wudhu.

Salah satu makanan yang membatalkan wudhu adalah daging unta. Dan, selain dari itu maka tidak mengapa kita makan sesuatu dan tidak perlu mengulang wudhu kita. Hal ini sebagaimana hadits dibawah ini:

   ِعَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا; ( أَنَّ رَجُلاً سَأَلَ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم أَتَوَضَّأُ مِنْ لُحُومِ اَلْغَنَمِ؟ قَالَ: إِنْ شِئْتَ قَالَ: أَتَوَضَّأُ مِنْ لُحُومِ اَلْإِبِلِ ؟ قَالَ: نَعَمْ )  أَخْرَجَهُ مُسْلِم

Dari Jabir Ibnu Samurah Radliyallaahu ‘anhu bahwa seorang laki-laki bertanya kepada Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam : Apakah aku harus berwudlu setelah makan daging kambing؟ Beliau menjawab: “Jika engkau mau” Orang itu bertanya lagi: Apakah aku harus berwudlu setelah memakan daging unta؟ Beliau menjawab: “Ya.” (Diriwayatkan oleh Muslim.)

Semoga sedikit tulisan kami ini dapat bermanfaat untuk seluruh kaum muslimin.

Barakallahu fiikum. (Asdn) []

Tags
%d bloggers like this: