Tafsir Hadits, Manajemen Qalbu, KAJIAN, Hikmah — October 28, 2019 at 14:34

Anjuran untuk Mencari Ilmu dan Mengajarkan kepada Orang Lain

by
Anjuran untuk Mencari Ilmu dan Mengajarkan kepada Orang Lain

Majlis ilmu merupakan taman surga yang ada di dunia, maka bersenang-senanglah di dalamnya, carilah ilmu sebanyak mungkin agar kita selalu berada di jalan hidayah…

Islamkafah.com – Seorang muslim tidaklah cukup hanya dengan menyatakan keislamannya tanpa berusaha untuk memahami Islam dan mengamalkannya. Pernyataannya harus dibuktikan dengan melaksanakan konsekuensi dari Islam. Dan untuk melaksanakan konsekuensi-konsekuensi dari pengakuan bahwa kita sudah berIslam, itu membutuhkan ilmu.

Menuntut ilmu itu wajib bagi Muslim maupun Muslimah. Ketika sudah turun perintah Allah yang mewajibkan suatu hal, sebagai muslim yang harus kita lakukan adalah sami’na wa atha’na,

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

“Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim” (HR. Ibnu Majah no. 224)

Sesungguhnya menuntut ilmu adalah sebuah kebun surga yang berada di dunia, Rasulullah Saw. bersabda:

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اِذَامَرَرْتُمْ بِرِيَاضِ الْجَنَّةِ فَارْتَعُوْاقَالُوْ ايَارَسُوْلَ اللَّهِ ,وَمَارِيَاضُ الْجَنَّةِ؟ قَالَ مَجَالِسُ الْعِلْمِ.

“Apabila kamu lewat pada kebun surga, maka bersenang-senanglah kalian.” Sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah kebun surga itu?” Beliau menjawab, “Yaitu tempat-tempat ilmu.” (HR. Thabarani)

Setiap masjid yang di situ merupakan tempat untuk membahas, menekuni dan memperkembangkan ilmu, khususnya ilmu agama, maka majlis itu bagaikan kebun surga yang penuh kenikmatan. Setiap kalimat yang didengar nilainya sama dengan satu kebajikan. Berapa kebajika yang diperoleh selama dalam masjid itu, tinggal menghitung berapa kalimat yang telah didengar. Dan setiap kebajikan itu kelak pasti dibalas dengan kenikmatan di surga.

Salah satu keutamaan orang yang mencari ilmu adalah dimudahkannya jalan menuju surga, hal ini sebagaimana ditunjukkan oleh hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا، سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ

“Barang siapa menelusuri jalan untuk mencari ilmu padanya, Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim).

Apalagi jika kita mau mengajarkan ilmu yang telah kita miliki terutama ilmu agama terkhusus tentang Al Qur’an maka Allah akan jadikan kita sebagai sebaik-baik ummat diantara ummat Islam sebagaimana sabda Rasulullah:

عَنْ عُثْمَانَ – رضى الله عنه- عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ «خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ» رواه البخاري

Artinya: “Ustman bin Affan radhiyallahu ‘anhu berkata: “Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar al-Quran dan mengajarkannya.” (Bukhari)

Wallahu A’lam (Abd.N)

 

%d bloggers like this: