Manajemen Qalbu, KAJIAN, Hikmah — February 14, 2018 at 23:19

Anjuran untuk Memaafkan Kesalahan Saudara Muslim Sebelum Ia Bawa kedalam Mahkamah Syar’iyyah

by
Anjuran untuk Memaafkan Kesalahan Saudara Muslim Sebelum Ia Bawa kedalam Mahkamah Syar’iyyah

Ada sebuah kisah menarik yang tertuang dalam hadits shahih, tentang bab pencurian yang semoga kkta mengambil hikmah didalamnya…..

 

Islamkafah.com – Sebagai seorang muslim, tentu kita akan dapati saudara kita bisa saja melakukan kedzhaliman kepada diri kita. Dan, dalam Islam orang yang didzhalimi berhak mengajukan perkaranya ke Mahkamah Syar’iyyah untuk mendapatkan kepastian hukum.

Namun, tetap saja memaafkan adalah lebih baik akibatnya untuk diri kita sendiri dan saudara kita, InsyaaAllah.

Misal saja, kita dapati seorang saudara kita mencuri sesuatu dari milik kita. Akan tetapi, kita hendak memaafkannya sebagai bentuk kasih sayang dan agar ia bisa segera bertaubat. Akan tetapi, ternyata niat kita berbeda dengan aksi nyata kita. Yakni, kita malah memiliih untuk melaporkannya ke Mahkamah.

Maka, jika sebuah kasus sudah sampai ke Mahkamah, hal tersebut akan disikapi berdasarkan hukum Islam tanpa pandang bulu. Artinya, orang tersebut akan mendapatkan had yang pantas.

Hal ini berdasarkan hadits dibawah ini:

   وَعَنْ صَفْوَانَ بْنِ أُمِّيَّةٍ رضي الله عنه أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ لَهُ لَمَّا أَمَرَ بِقَطْعِ اَلَّذِي سَرَقَ رِدَاءَهُ, فَشَفَعَ فِيهِ: ( هَلَّا كَانَ ذَلِكَ قَبْلِ أَنْ تَأْتِيَنِي بِهِ? )  أَخْرَجَهُ أَحْمَدُ, وَالْأَرْبَعَةَ. وَصَحَّحَهُ اِبْنُ اَلْجَارُودِ, وَالْحَاكِم

Dari Shofwan Ibnu Umayyah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda ketika memerintahkan memotong orang yang mencuri selendangnya, lalu ia meminta kebebasan untuk sang pencuri: “Mengapa yang demikian itu tidak sebelum engkau membawanya kepadaku?”. (Riwayat Ahmad dan Imam Empat. Hadits shahih menurut Ibnu al-Jarud dan Hakim.)

Semoga sedikit tulisan kami ini dapat bermanfaat untuk seluruh kaum muslimin.

Barakallahu fiikum. (raf) []

%d bloggers like this: